Harga Karet Tocom 27 September Merosot 2,7 Persen Terganjal Pelemahan Minyak

650

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Selasa siang (27/09) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom terganjal penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Harga minyak mentah berjangka tergelincir di perdagangan Asia pada Selasa (27/09) karena investor mengambil keuntungan setelah harga naik lebih dari 3 persen pada sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 6 sen menjadi $ 45,87 per barel, setelah naik $ 1,45, atau 3,3 persen, pada sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent tergelincir 15 sen menjadi $ 47,20 per barel pada 0346 GMT setelah penutupan naik $ 1,46, atau 3,2 persen pada sesi sebelumnya.

Dolar AS juga membebani harga minyak setelah naik terhadap sekeranjang mata uang, dengan pasar menunjukkan penilaian kandidat Demokrat Hillary Clinton sebagai pemenang dalam debat presiden AS pertama dengan kandidat Partai Republik Donald Trump.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Setelah Hillary Menangkan Debat Pertama

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Februari 2017 berakhir turun sebesar -4,5 yen atau -2,7 persen, menjadi 164,0 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 168,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan sesi selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi pelemahan minyak mentah yang dapat menekan harga karet Tocom. Namun juga perlu dicermati pergerakan Yen yang melemah siang ini jika terus berlanjut akan menguatkan harga karet Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menguji level Support di 159,00 yen dan 154,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 169,00 dan 174,00 yen jika harga berada di teritori positif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here