Harga Batubara Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

606

Pada akhir perdagangan Kamis dini hari (06/10), harga batubara Rotterdam naik terdorong peningkatan harga minyak mentah AS.

Harga minyak mentah mencapai sesi tertinggi pada akhir perdagangan Kamis dinihari, naik ke tertinggi sejak Juni, setelah pemerintah AS melaporkan penurunan tidak terduga persediaan minyak mentah mingguan.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik $ 1,14, atau 2,3 persen, pada $ 49,83, setelah sebelumnya naik ke $ 49,97, level tertinggi sejak 29 Juni.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik, 89 sen, atau 1,8 persen, ke $ 51,76 per barel, turun dari hampir empat bulan tinggi di $ 52,09 pada awal sesi.

Lihat : Harga Minyak Mentah Melesat 2 Persen Setelah Laporan EIA

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Oktober 2016 berada di posisi 75,70 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,10 dollar atau setara dengan 0,13 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis Continuing Jobless Claim dan Initial Jobless Claim yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi meningkat jika dollar AS terealisir menurun.

Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 76,20 dollar dan Resistance kedua di level 76,70 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 75,20 dollar dan 74,70 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here