Yen Jepang Sesi Eropa Mendapat Tekanan Dari Kemenangan Trump

783
yen usdjpy

Pergerakan kurs yen Jepang yang sempat bergerak kuat diawal hasil penghitungan suara pemilihan Presiden oleh perdagangan safe haven terpangkas kembali sejak sesi Amerika hari Rabu (9/11) hingga perdagangan sesi Eropa hari Kamis (10/11). Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS terbaru membuat tekanan bagi Yen.

Lihat: Pengaruh Kemenangan Trump Bagi Ekonomi Jepang; Abe Segera Jadwalkan Bertemu Trump

Kemenangan Trump bisa menghambat perjanjian perdagangan Trans-Pacific Partnership, yang bisa mendorong produsen Jepang. Abe sedang memperhitungkan pakta tersebut sebagai katalis untuk reformasi struktural yang lama dijanjikan di sektor yang dilindungi ekonomi.

Pergerakan kurs yen  sesi Eropa (09:30:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi   pada 105.65  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) bergerak naik 31 pips  dan nilai pair bergulir  pada 105.96.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   masih akan menguat, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat naik  ke kisaran  106,18-106,76. Namun jika terjadi koreksi teknikal dan  penurunan nilai  pair  meluncur ke kisaran  104,88-103.68.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
 Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here