Bursa Shanghai 25 November Ditutup Kuat; Mingguan Melompat 2,2 Persen

910
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok akhir pekan Jumat (25/11), indeks Shanghai berakhir naik 19,76 poin atau 0,61 persen, ke 3261.49. Penguatan Indeks Shanghai dengan investor terus membeli saham blue-chip pada tanda-tanda bahwa ekonomi pada pijakan yang mantap.

Untuk minggu ini, indeks Shanghai menguat 2,2 persen, pekan terbaik sejak pertengahan November. Kenaikan terjadi dengan investor terus memburu saham-saham blue-chip.

Dengan ekonomi menunjukkan tanda-tanda stabilisasi, dan bahkan beberapa pemulihan di sektor-sektor tertentu, semakin banyak broker mulai optimis, memprediksi keuntungan pasar lebih lanjut.

Analis mengatakan pasar saham China menjadi semakin menarik untuk investor yang mncari imbal hasil, seperti asuransi, di tengah latar belakang tumbuh pembatasan pada pasar perumahan, pasar obligasi yang rapuh dan volatilitas yang tinggi di pasar berjangka.

Optimisme tersebut telah mendorong pelaku pasar untuk meningkatkan taruhan leverage mereka.

Dengan margin financing luar biasa, dimana uang investor meminjam untuk membeli saham  melompat ke lebih 956 triliun yuan ($ 138.270.000.000) pekan ini, naik 50 miliar yuan dari akhir bulan Oktober, dan tingkat tertinggi sejak Desember 2015.

Pada akhir perdagangan sebagian besar sektor menguat, dipimpin oleh sektor properti dan bank.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif mencermati data ekonomi positif.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here