Harga Batubara Rotterdam ICE Meningkat Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

456

Pada akhir perdagangan Rabu dini hari (21/12), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Rabu dinihari (21/12) terpicu perkiraan penurunan tajam persediaan minyak mentah AS yang bisa menunjukkan kelebihan pasokan global mulai menyusut.

Harga minyak mentah berjangja AS West Texas Intermediate (WTI) menyelesaikan perdagangan naik 11 sen atau 0,2 persen menjadi $ 52,23 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Internasional Brent naik 64 sen atau 1.2 persen menjadi $ 55,56 per barel pada 04:56 ET (2156 GMT).

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Terdukung Penurunan Persediaan AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Februari 2017 berada di posisi 76,05 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,50 dollar atau setara dengan 0,66 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah AS oleh EIA yang diindikasikan menurun. Jika terealisir dapat menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terdukung kenaikan harga minyak mentah. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 76,50 dollar dan Resistance kedua di level 77,00 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 75,50 dollar dan 75,00 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here