Bursa Wall Street Berakhir Mixed Mencermati Pidato Yellen Hingga Data Ekonomi

637
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

Bursa Saham AS ditutup mixed pada akhir perdagangan Kamis dinihari (19/01), dengan investor mencerna komentar dari pejabat Federal Reserve, serangkaian pendapatan perusahaan dan data ekonomi.

Indeks S & P 500 ditutup sekitar 0,20 persen lebih tinggi, dengan kenaikan tertinggi sektor keuangan.

Indeks Nasdaq mengungguli, naik sekitar 0,3 persen, sebagai saham Netflix naik di perdagangan berombak. Raksasa video streaming dijadwalkan akan melaporkan hasil kuartalan Rabu setelah penutupan.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun sekitar 20 poin, dengan saham UnitedHealth dan Goldman Sachs memberikan kontribusi besar paling kerugian.

Dalam sambutannya, Ketua Fed Janet Yellen mengatakan ekonomi AS yang mendekati tujuan bank sentral, memberikan dorongan untuk mulai mengurangi tingkat ekstrim dukungan itu telah terjadi selama dekade terakhir. “Sekarang kaki kami masih menekan pedal gas, meskipun seperti yang saya catat, kita telah kembali sedikit mereda,” kata Yellen.

Hasil Treasury memperpanjang keuntungan setelah pidato Yellen, dengan imbal hasil surat utang 10-tahun menghasilkan 2,42 persen.

Pelaku pasar telah banyak berfokus pada rencana Presiden terpilih Donald Trump untuk stimulus fiskal, deregulasi sektor-sektor tertentu dan reformasi pajak. Indeks AS telah naik ke rekor tertinggi sejak pemilu.

Investor juga fokus pada hasil kuartalan perusahaan, seperti Goldman Sachs dan Citigroup membukukan laba yang lebih baik dari perkiraan. Goldman menerima lonjakan pendapatan perdagangan, namun saham jatuh 0,75 persen.

Perusahaan lain yang membukukan laba kuartalan termasuk Fastenal dan Northern Trust.

Dalam berita ekonomi, Indeks Harga Konsumen naik 0,3 persen, sesuai dengan ekspektasi, menempatkan secara tahunan naik 2,1 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini juga pertama kalinya CPI naik di atas 2 persen sejak 2014.

Data ekonomi lainnya yang dirilis Rabu termasuk produksi industri, yang tumbuh 0,8 persen pada Desember, dan survei NAHB untuk Januari, yang menunjukkan sentimen homebuilder turun sedikit.

The Fed juga merilis Beige Book terbaru, yang mengatakan bahwa kenaikan di bidang manufaktur, laporan menyeluruh kekurangan tenaga kerja dan meningkatnya investasi bisnis mendukung untuk kenaikan suku bunga Desember bank sentral.

Indeks Dow Jones turun 22,05 poin, atau 0,11 persen, menjadi ditutup pada 19,804.72, dengan penurunan tertinggi saham UnitedHealth dan saham American Express yang naik terbesar.

Indeks S & P 500 naik 4 poin, atau 0,18 persen, menjadi berakhir pada 2,271.89, dengan sektor keuangan memimpin enam sektor yang lebih tinggi dan sektor telekomunikasi tertinggal.

Indeks Nasdaq naik 16,93 poin, atau 0,31 persen, menjadi berakhir pada 5542.

Malam nanti akan dirilis data perumahan AS Building Permits dan Housing Starts Desember yang diindikasikan meningkat.

Juga akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun. Jika terealisir berpotensi menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak naik jika data perumahan dah harga minyak mentah terealisir positif.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here