Harga Batubara Rotterdam Positif Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

544

Pada akhir perdagangan Rabu dinihari (15/02), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (15/02) didukung upaya yang dipimpin OPEC untuk memangkas produksi global, namun keuntungan berkurang karena kekhawatiran tentang meningkatnya pasokan minyak shale AS dan penguatan dollar AS.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir 27 sen lebih tinggi atau 0,5 persen, pada $ 53,20, setelah sebelumnya naik ke $ 53,72.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 36 sen lebih tinggi atau 0,6 persen, pada $ 55,95 per barel pada 14:53 ET (1953 GMT) dari puncak sesi $ 56,46 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik; Keuntungan Dikurangi Kekuatan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Maret 2017 berada di posisi 74,90 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,40 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan yang diindikasikan terjadi penurunan produksi, dan penurunan produksi bensin. Jika terealisir akan menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika harga minyak mentah terealisir meningkat. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 75,40 dollar dan Resistance kedua di level 75,90 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 74,40 dollar dan 73,90 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here