Keuntungan di Pasar Komoditas Melajukan AUDUSD 16 Februari

521

Laju aussie dollar setelah rally 2 hari berturut pekan ini berlanjut hingga berhasil mencapai posisi paling tinggi sepanjang tahun 2017 setelah pemerintah Australia melaporkan kinerja pasar tenaga kerja yang mixed untuk periode bulan Januari berdasarkan survey ABS (Australia Bureau of Statistics).

ABS melaporkan penambahan tenaga kerja untuk pasar tenaga kerja Australia lebih rendah dari periode sebelumnya, namun masih lebih tinggi dari ekspektasi penurunan. Demikian juga dengan tingkat pengangguran negeri tersebut berhasil turun ke posisi periode 2 bulan sebelumnya.

Setelah rilis data tersebut aussie melaju kencang ke posisi tertinggi di 0.7730, namun terpangkas lagi ke posisi terendah di 0.7704. Setelah dibuka  dengan flat pada 0.7708, pergerakan kurs aussie  sesi Asia (10:50:46 WIB)  kembali menunjukkan pergerakan kuat terhadap dollar AS.

Kurs  aussie kini bergulir  pada posisi 0.7710 dan masih bergerak positif. Kekuatan yang didapat aussie sepanjang hari ini selain dari rilis data kinerja pasar tenaga kerja Australia juga didapat dari pergerakan harga minyak mentah yang kuat dan juga harga komoditas unggulan seperti tembaga dan bijih besi yang rally.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here