Harga Batubara Rotterdam Turun Terganjal Penguatan Dollar AS

560

Pada akhir perdagangan Rabu dinihari (22/02), harga batubara Rotterdam berakhir turun. Harga batubara merosot terganjal penguatan dollar AS.

Dolar AS menguat setelah anggota Federal Reserve menyatakan potensi untuk kenaikan suku bunga AS lebih tinggi bulan depan.

Kenaikan dollar AS membuat harga batubara Rotterdam berdenominasi dollar AS menjadi mahal sehingga permintaan menjadi lemah.

Harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Mei 2017 merosot di posisi 76,15 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar -0,55 dollar atau setara dengan -0,72 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data Existing Home Sales Januari AS yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir berpotensi menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas dengan penguatan dollar AS. Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 75,65 dollar dan Support kedua di level 75,15 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 76,65 dollar dan 77,15 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here