Bursa Wall Street Mixed, Kebijakan Pajak Trump Dinantikan

622

Bursa Saham AS ditutup sebagian besar lebih rendah pada akhir perdagangan Selasa dinihari (28/03) dengan investor mencerna kembali prospek kebijakan pemerintahan Trump, termasuk reformasi pajak.

Indeks komposit Nasdaq ditutup 0,2 persen lebih tinggi setelah sempat jatuh 1 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir sekitar 45 poin lebih rendah – setelah jatuh hampir 200 poin sebelumnya, dengan Goldman Sachs memberikan kontribusi paling besar dalam kerugian. Indeks 30 saham ini juga mencatat kekalahan beruntun delapan sesi, terpanjang sejak 2011.

Indeks S & P 500 merosot 0,1, dengan penurunan tertinggi sektor keuangan dan telekomunikasi. Sektor Keuangan diseret oleh saham bank, seperti SPDR S&P Bank ETF (KBE) and the Regional Banking ETF (KRE) keduanya jatuh sekitar 0,5 persen.

Pemerintahan Trump menghadapi kesulitan setelah RUU perawatan kesehatan yang bertujuan mengganti Obamacare ditarik dari parlemen. RUU GOP menghadapi oposisi bukan hanya dari Demokrat, tetapi juga dari Partai Republik yang konservatif dan lebih moderat, dan tidak mampu mengamankan suara yang cukup untuk lulus.

RUU perawatan kesehatan ini dianggap penting untuk agenda Trump. Trump mengatakan pencabutan dan penggantian Obamacare harus terjadi sebelum tindakan dapat diambil pada rencana yang lain, termasuk pengurangan pajak besar. Saham telah rally signifikan sejak pemilihan AS di tengah harapan pajak yang lebih rendah, deregulasi dan stimulus fiskal.

Trump mengatakan Jumat pemerintah akan bergerak untuk mencoba dan memangkas pajak.

Indeks utama telah merosot bulan ini, setelah reli pasca Pemilu mereka. Indeks S & P dan Dow turun sekitar 1 persen bulan ini, sedangkan Nasdaq diadakan datar.

Treasury AS, yang merosot tajam segera setelah pemilu, juga telah pulih tanah bulan ini setelah Federal Reserve mempertahankan proyeksi suku bunga yang sebagian besar tidak berubah pada pertemuan Maret.

Imbal hasil obligasi 10-tahun jatuh ke 2,37 persen, sedangkan imbal hasil jangka pendek dua tahun merosot ke 1,25 persen.

Dolar AS menurun ke level terendah empat bulan terhadap sekeranjang mata uang utama, dengan euro dekat $ 1,087 dan yen sekitar 110,6.

Pasar luar negeri juga menghadapi tekanan menyusul kekalahan RUU Perawatan Kesehatan AS, dengan indeks pan-Eropa Stoxx 600 jatuh 0,4 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 45,74 poin, atau 0,22 persen, menjadi ditutup pada 20,550.98, dengan penurunan tertinggi saham Chevron dan saham DuPont naik tertinggi.

Indeks S & P 500 turun 2,39 poin atau 0,1 persen, menjadi berakhir pada 2,341.59, dengan telekomunikasi memimpin tujuh sektor yang lebih rendah dan perawatan kesehatan yang naik terbesar.

Indeks komposit Nasdaq naik 11,64 poin, atau 0,2 persen, menjadi ditutup pada 5,840.37.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati pergerakan harga minyak dan perkembangan pemerintahan Presiden Trump setelah RUU perawatan kesehatan gagal lolos dalam parlemen AS.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here