Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Tertinggi 1 Bulan

429

Harga minyak mentah berjangka naik pada hari Jumat (19/05) ke tertinggi dalam hampir satu bulan karena optimisme yang berkembang bahwa negara-negara produsen besar akan memperpanjang pemotongan produksi.

Harga minyak mentah berjangka A.S. naik 38 sen atau 0,8 persen menjadi $ 49,73 per barel, tertinggi sejak 26 April. Kontrak tersebut naik untuk kenaikan mingguan sebesar 4 persen.

Harga minyak mentah berjangka brent naik 34 sen atau 0,7 persen menjadi $ 52,85 pada 0358 GMT. Kontrak tersebut sebelumnya naik ke level tertinggi sejak 21 April dan berada di jalur untuk kenaikan 4 persen minggu ini, minggu kedua kenaikannya.

Sejak awal Maret, harga minyak mentah telah berayun dari $ 56 per barel menjadi di bawah $ 47 karena pelaku pasar terbagi atas dampak kenaikan produksi dari Amerika Serikat versus penurunan produksi oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara lain, termasuk Rusia.

Namun pengamat pasar semakin yakin bahwa OPEC, Rusia dan produsen besar lainnya akan memperpanjang pemotongan hampir 1,8 juta barel per hari (bpd) sampai akhir Maret 2018. Produsen A.S. tidak berpihak pada perjanjian yang membatasi produksi.

Seperti pasar lainnya, kekhawatiran tentang agenda Presiden Donald Trump di Amerika Serikat di tengah penyelidikan di Washington memudar.

Pada tanggal 25 Mei, para pemimpin dari OPEC dan negara-negara produsen lainnya akan bertemu di Wina untuk memutuskan lanjutan kebijakan pemotongan produksi.

Rosneft, produsen minyak terbesar di Rusia, akan bertemu dengan OPEC untuk kesepakatan pengurangan produksi minyak, kata chief executive perusahaan tersebut kepada wartawan di Berlin, Kamis.

Namun, ada tanda-tanda bahwa Arab Saudi, produsen terbesar OPEC, menjaga agar pasar tetap dipasok dengan baik.

Ekspor mentah dari Arab Saudi meningkat sebesar 275.000 barel per hari di bulan Maret dari bulan Februari dan pasokan naik, data resmi menunjukkan Kamis malam.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan optimisme kesepakatan pemotongan produksi lanjutan anggota OPEC dan produsen lainnya. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,20-$ 50,70, dan jika harga bergerak turun akan menguji kisaran Support $ 49,20-$ 48,70.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here