Harga Batubara Rotterdam Positif Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

576

Pada akhir perdagangan Jumat dinihari (02/06), harga batubara Rotterdam naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah naik tipis pada akhir perdagangan Jumat dinihari (02/06), setelah laporan penurunan yang lebih tinggi dari perkiraan pada persediaan mingguan A.S., mengatasi pesimisme investor terkait pemotongan produksi lanjutan OPEC akan cukup untuk menyeimbangkan pasar yang memiliki kelebihan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berakhir naik 4 sen atau 0,1 persen, pada $ 48,36 per barel. Harga minyak mentah Brent untuk Agustus turun 31 sen menjadi $ 50,45 per barel pada pukul 2:34 siang waktu ET (1834 GMT).

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Tipis Pasca Laporan EIA; Penguatan Dollar AS Mengancam

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Juli 2017 berada di posisi 76,40 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,50 dollar atau setara dengan 0,66 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah jika harga minyak mentah lanjutkan pelemahan. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 75,90 dollar dan Support kedua di level 75,40 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 76,90 dollar dan 77,40 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here