Bursa Eropa Akhir Pekan Menguat; Mingguan Merosot Terpicu Ketidakpastian Politik

887

Pasar Saham Eropa ditutup menguat pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (17/06) karena investor mencerna berita tentang pemberian bantuan keuangan untuk Yunani dan focus pada peristiwa politik dan rilis data yang lebih luas.

Indeks FTSE berakhir pada 7492, naik 76 poin atau 1,02 persen. Untuk minggu ini turun -0,85 persen.

Indeks DAX berakhir pada 12756, naik 66 poin atau 0,52 persen. Untuk minggu ini turun -0,49 persen

Indeks CAC 40 berakhir pada 5272, naik 56 poin atau 1,07 persen. Untuk minggu ini turun -0,69 persen

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10755, naik 61 poin atau 0,57 persen. Untuk minggu ini turun -1,99 persen

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir pada hari Jumat 0,66 persen lebih tinggi, dengan sebagian besar sektor di wilayah positif. Semua bursa utama sedikit berubah untuk minggu ini namun karena penjualan saham teknologi terus meningkat.

Wall Street, bagaimanapun, tetap berada di posisi merah karena data perumahan A.S. tidak banyak mempengaruhi indeks utama, yang telah terbebani oleh saham teknologi yang merosot untuk sebagian besar minggu ini.

Peritel Eropa turun 1,27 akhir Jumat setelah Amazon mengumumkan rencana untuk membeli Whole Foods dalam semua uang tunai, kesepakatan senilai $ 13,7 miliar. Sainsbury’s, Marks & Spencer, Carrefour, Ocado dan Booker semuanya terlihat dalam warna merah, turun antara 1,8 persen dan hampir 5 persen. Tesco turun 4,9 persen karena penutupan perdagangan, meskipun melaporkan pertumbuhan penjualan kuartalan terkuat selama tujuh tahun pada hari Jumat. Itu telah mencapai puncak benchmark dalam kesepakatan awal. Di seluruh saham Whys Foods A.S. naik 28 persen pada saat pembukaan perdagangan.

Di tempat lain, makanan dan minuman dan jasa keuangan termasuk di antara sektor dengan kinerja terbaik, keduanya naik lebih dari satu persen. Sebelumnya, Nestle mengatakan akan mempertimbangkan kemungkinan penjualan bisnis kembang gula AS senilai $ 900 juta per tahun. Saham naik 3 persen, mengirim sektor lebih tinggi. Peritel pub Inggris Greene King juga naik 4,5 persen.

CNH Industrial berada di puncak benchmark Eropa sepanjang pagi, mengikuti upgrade rating oleh Standard & Poor’s. Namun, posisi itu sejak itu diambil oleh perusahaan manufaktur Inggris Cobham, yang naik 7,1 persen pada transaksi sore.

Saham perusahaan utilitas Prancis EDF juga naik pada hari Jumat lebih dari 3,9 persen setelah upgrade rating oleh JP Morgan dan Investec. Saham energi juga menemukan beberapa dukungan setelah berada di bawah tekanan pada awal pekan karena melemahnya harga minyak mentah.

Dari sisi data, pertumbuhan upah di Prancis bergerak pada laju tercepat dalam tiga tahun pada kuartal pertama 2017.

Dana Moneter Internasional setuju untuk bergabung dalam program bailout Yunani dengan pengaturan standby kurang dari $ 2 miliar. Namun, ia tidak akan mengucurkan uangnya sampai zona Eropa merinci tindakan keringanan utang, yang diperkirakan tidak akan sampai tahun depan. Sementara itu, untuk menjaga agar ekonomi Yunani tetap berjalan, kreditur setuju untuk mencairkan $ 9,5 miliar yang akan memungkinkan Athena menyelesaikan pembayaran bulan depan.

Akibatnya, imbal hasil obligasi Yunani 10 tahun berada pada level terendah dalam hampir sebulan pada hari Jumat pagi.

Sementara itu, di Prancis, Presiden Emmanuel Macron akan memenangkan mayoritas besar dalam putaran kedua pemilihan parlemen hari Minggu ini, dua jajak pendapat ditunjukkan hari Kamis.

Bank sentral Rusia mengumumkan pada hari Jumat bahwa 25 basis poin menurunkan suku bunga menjadi 9 persen karena inflasi dalam perekonomian mendekati targetnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan seputar perundingan Brexit, juga pergerakan bursa global dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here