Harga Batubara Rotterdam Turun Terpengaruh Pelemahan Minyak Mentah

1009

Harga batubara Rotterdam ICE ditutup lemah pada akhir perdagangan Rabu dinihari (21/06), tertekan pelemahan minyak mentah.

Minyak mentah A.S. untuk pengiriman Juli turun 2,19 persen menjadi menetap di $ 43,23 per barel di tengah tanda-tanda kenaikan produksi. Minyak mentah juga memasuki pasar bearish, diperdagangkan setidaknya 20 persen di bawah level tertinggi 52 minggu.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun 2 Persen Terganjal Peningkatan Produksi Global

Harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Juli 2017 berakhir turun di posisi 79,05 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar 0,15 dollar atau setara dengan 0,19 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA, yang diindikasikan terjadi penurunan pasokan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika minyak mentah bukukan kenaikan. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Resistance pada posisi 79,50 dollar dan Resistance kedua di level 80,00 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 78,50 dollar dan 78,00 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here