Harga Emas Naik Terdukung Bargain Hunting dan Pelemahan Dollar AS

710

Harga Emas naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (28/06) setelah mencapai titik terendah enam minggu di sesi sebelumnya karena bargain hunting dan kemerosotan dolar AS sebelum pidato pejabat Federal Reserve A.S.

Pejabat Fed telah memberi isyarat bahwa mereka berencana untuk melanjutkan lonjakan suku bunga saat ini meskipun inflasi melambat. Namun, investor skeptis dan harga pasar menunjukkan hanya 40 persen kemungkinan kenaikan di bulan Desember.

Sebuah pesanan jual besar senilai 1,85 juta ons mendorong emas ke level terendah enam minggu pada hari Senin, meskipun logam mulia tersebut akhirnya gagal menembus di bawah rata-rata pergerakan 200 hari.

Harga emas spot LLG naik 0,34 persen menjadi $ 1.248,23 per ons. Ini mencapai titik terendah enam minggu di bawah $ 1,236.46 pada hari Senin.

Harga emas berjangka A.S. untuk Agustus menetap di 1246.90, naik 50 sen.

Ketua Fed Janet Yellen berbicara dengan British Academy di London pada hari Selasa, kurang dari dua jam setelah pidato oleh Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker di kota yang sama.

Menjelang itu, dolar tergelincir 0,63 persen terhadap mata uang utama, membuat harga emas dolar lebih murah bagi investor non-A.S.

Harga emas yang naik setiap bulan tahun ini mengecil bulan Juni, sebagian berkat meningkatnya ketegangan geopolitik yang baru-baru ini mencakup bailout bank-bank Italia, kebijakan Presiden AS Donald Trump dan perundingan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,47 persen menjadi $ 16,633 per ons, sementara paladium turun 0,52 persen menjadi $ 860,50 per ons. Platinum naik 0,89 persen menjadi $ 919,10, pulih dari pelemahan enam minggu di hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,250-$ 1,252, dan jika harga bergerak turun akan menembus kisaran Support $ 1,246-$ 1,244.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here