Dollar AS Terjerembab Karena Email Trump Jr; Pidato Yellen Fokus Penting

1390

Dolar AS jatuh ke level terendah lebih dari satu minggu terhadap sekeranjang mata uang utama pada akhir perdagangan Rabu dinihari (12/07), setelah putra sulung Presiden Amerika Donald Trump merilis sebuah rantai email yang menyebutkan dukungan Rusia untuk ayahnya sebelum pemilihan A.S. tahun lalu.

Donald Trump Jr menyatakan seorang jaksa Rusia menawarkan kampanye kepresidenan ayahnya yang memberatkan informasi tentang rival Demokrat Hillary Clinton sebagai bagian dari dukungan pemerintah Rusia, menurut sebuah rantai email yang dia rilis pada hari Selasa.

Indeks dolar, yang mengukur dollar AS terhadap enam rival utama, berbalik negatif pada hari ini jatuh ke level terendah lebih dari satu minggu di 95.673. Indeks turun 0,28 persen pada 95,75.

Pemimpin Partai Senat A.S. Mitch McConnell mengatakan pada hari Selasa bahwa Senat akan memberikan suara pada sebuah RUU untuk memutar kembali Obamacare minggu depan dan kemudian beralih ke bisnis legislatif lainnya.

Investor juga menunggu kesaksian kebijakan moneter semi-tahunan Federal Reserve AS Janet Yellen padah hari Rabu dan data inflasi konsumen pada hari Jumat.

Sementara itu, Gubernur Fed Lael Brainard mengatakan Fed harus segera mulai mengurangi neraca, selama data ekonomi mengenai pekerjaan dan pertumbuhan A.S. bertahan. Setelah pengurangan neraca berjalan, dia akan menilai inflasi sebelum memutuskan kenaikan suku bunga lebih lanjut, katanya.

Dollar AS, yang menyentuh level tertinggi empat bulan terhadap yen Jepang di awal sesi yang dipicu oleh kenaikan yield obligasi pemerintah A.S. yang baru-baru ini berbalik arah untuk hampir tidak berubah. Euro naik ke level tertinggi lebih dari satu tahun di $ 1,1475 sebelum turun 0,03 persen menjadi $ 1,1462.

Dolar Kanada tergelincir terhadap dollar A.S. karena para pedagang menunggu keputusan kenaikan suku bunga oleh Bank of Canada pada hari Rabu.

Dollar AS menguat terhadap dolar Selandia Baru karena imbal hasil A.S. yang meningkat, harga komoditas yang lembut dan laporan mengecewakan mengenai pengeluaran kartu kredit domestik membuat investor melarikan diri dari aset kiwi.

Sterling jatuh ke level terendah delapan bulan terhadap euro setelah Deputi Gubernur Bank of England Ben Broadbent menolak untuk mendukung petunjuk terbaru dari pembuat kebijakan lain di bank sentral yang menyarankannya untuk bergerak menaikkan suku bunga.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dollar AS akan mencermati pidato Ketua The Fed Janet Yellen, yang jika memberikan dukungan penguatan ekonomi AS, akan mengangkat dollar AS.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here