Harga Minyak Terus Menguat, Brent London Naik Menjadi $59,48 Per Barel

659

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak memperkuat kenaikannya sampai hari Selasa ini, dengan minyak mentah Brent mencapai harga tertinggi selama 26 bulan, didukung oleh ancaman Turki untuk mengurangi aliran ekspor minyak mentah dari wilayah Kurdistan, Irak ke dunia luar.

Minyak mentah Brent London untuk pengiriman November LCOc1 naik 46 sen menjadi $ 59,48 per barel pada 03:56 GMT setelah menetap di 3,8 persen pada hari Senin. Sebelumnya sempat tertekan $ 59,49, tertinggi sejak 10 Juli 2015.

Minyak mentah A.S. untuk pengiriman November CLc1 naik 15 sen menjadi $ 52,37, setelah mencapai $ 52,43, tertinggi lima bulan.

Kenaikan Brent berarti memperpanjang kenaikan untuk hari kelima berturut-turut, melonjak dari lebih dari $ 55 per barel seminggu yang lalu, karena produsen OPEC dan non-OPEC memastikan bahwa pasar sedang dalam perjalanan menuju penyeimbangan ulang, sementara permintaan minyak terlihat kuat.

Juga yang memicu lonjakan pada hari Selasa adalah ancaman Presiden Turki Tayyip Erdogan pada hari Senin untuk memotong pipa yang membawa minyak dari Irak utara ke dunia luar, meningkatkan tekanan pada wilayah otonomi Kurdi selama referendum kemerdekaannya.

Pipa ke pelabuhan Turki di Ceyhan biasanya memompa antara 500.000-600.000 barel per hari.

Minyak mentah A.S. telah tertinggal dibandingkan dengan kelebihan pasokan besar yang diperburuk oleh Hurricane Harvey, yang memaksa penutupan hampir 25 persen dari kapasitas penyulingan A.S.

Kilang di Philadelphia telah menurunkan suku bunga karena pengiriman minyak mentah telah diperlambat oleh laut yang ganas saat Badai Maria menuju utara menyusuri Pantai Atlantik.

Penyebaran antara WTI dan futures Brent CL-LCO1 = R melebar ke $ 7,17, yang paling curam sejak Agustus 2015.

Persediaan minyak mentah A.S. kemungkinan meningkat sebesar 2,3 juta barel pekan lalu, sebuah jajak pendapat awal menunjukkan pada Senin menjelang data oleh kelompok Industri American Petroleum Institute yang akan merilis datanya nanti malam.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here