Harga Emas Sentuh Level Terendah Satu Minggu

584

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas turun mencapai terendah satu minggu pada hari Selasa (14/11) setelah hasil Treasury A.S. menyentuh level tertinggi baru karena ekspektasi kenaikan suku bunga bulan depan, namun kerugian logam mulia tersebut dibatasi oleh meningkatnya ketidakpastian mengenai prospek pertumbuhan A.S.

Harga emas spot LLG turun 0,4 persen pada $ 1,272.79 per ons, setelah mencapai level terendah satu minggu di $ 1,270.56.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember turun 0,5 persen menjadi $ 1,272.70.

Imbal hasil 2 tahun treasury A.S. mencapai tertinggi sembilan tahun terakhir pada hari Senin, mendukung dolar dan mengurangi daya tarik emas yang tidak menghasilkan. Namun, kenaikan yield di sekitar kurva yield treasury A.S., yang sebagian mencerminkan pasar yang bertaruh bahwa tingkat kenaikan tahun ini dan selanjutnya pada akhirnya akan memperlambat ekonomi. Ketakutan ini, ditambah dengan ketidakpastian mengenai prospek reformasi pajak A.S., membuat kerugian emas terbatas, menyentuh selera investor dan meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe haven.

Anggota parlemen Kongres mengusulkan pada hari Senin perombakan kode pajak A.S. dengan panel Senat mempertimbangkan masalah ini, namun risikonya terbelenggu dengan perselisihan internal partai besar yang belum diselesaikan. Perbaikan pajak yang gagal akan menekan risk appetite dan menguntungkan emas.

Di pasar yang lebih luas, data pertumbuhan ekonomi Jerman yang kuat mendorong euro ke level tertinggi tiga minggu terhadap dolar dan memberi saham Eropa sebuah kenaikan, namun saham Asia melemah menyusul kerugian di ekuitas A.S. pada hari Senin.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,7 persen menjadi $ 16,93 per ons, sementara platinum turun 0,3 persen pada $ 929,40.

Palladium pulih dari posisi terendah dua minggu di bawah hit di sesi sebelumnya namun turun 0,4 persen pada $ 985,22 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi lemah jika kenaikan imbal hasil AS dan penguatan dolar AS berlanjut. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,271-$ 1,269, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,275-$ 1,277.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center