Harga Minyak Mentah Tergelincir; Investor Waspada Jelang Pertemuan Wina

531

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah tergelincir pada akhir perdagangan Selasa dinihari (21/11) dengan investor berhati-hati menjelang pertemuan OPEC minggu depan yang akan membahas perpanjangan pembatasan produksi minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 46 sen menjadi $ 56,09 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 51 sen menjadi $ 62,21 per barel pada pukul 2:28 pagi. ET.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), bersama dengan sekelompok produsen non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia, telah membatasi produksi sejak awal tahun ini dalam upaya untuk mengakhiri kelebihan pasokan global dan menopang harga.

Kesepakatan untuk membatasi produksi akan berakhir pada bulan Maret 2018, dan OPEC bertemu pada 30 November untuk membahas prospek kebijakan tersebut. Harapannya adalah agar kesepakatan diperpanjang hingga akhir tahun depan.

OPEC pekan lalu memperkirakan permintaan minyak mentahnya sendiri meningkat sebesar 460.000 barel per hari menjadi 33,42 juta barel per hari tahun depan, berbeda dengan perkiraan dari Badan Energi Internasional untuk penurunan 320.000 barel per hari menjadi 32,38 juta barel per hari.

Pergerakan dolar AS yang lebih tinggi juga sempat menekan komoditas semalam, termasuk minyak. Mata uang A.S. menguat terhadap euro setelah berita bahwa Jerman tidak dapat membentuk pemerintah koalisi, menambah ketidakpastian politik di Uni Eropa. Dolar naik 0,4 persen terhadap euro.

Minyak sering bergerak terbalik terhadap dolar, karena minyak ditransaksikan dalam dolar, dan dolar yang lebih kuat secara teoritis membuat minyak lebih mahal untuk pembeli global.

Di Amerika Serikat, jumlah kilang pengeboran untuk produksi minyak baru tetap tidak berubah dalam minggu sampai 17 November di 738, data dari perusahaan jasa minyak Baker Hughes ditunjukkan pada hari Jumat.

Regulator Nebraska memilih pada hari Senin untuk menyetujui rute pipa Keystone XL dari TransCanada melalui negara, mengangkat hambatan peraturan besar terakhir untuk proyek yang telah lama tertunda yang diinginkan Presiden Donald Trump.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun jika penguatan dolar AS berlanjut, juga kehati-hatian menjelang pertemuan produsen utama minyak dunia di Wina minggu depan. Namun perlu dicermati juga upaya bargain hunting setelah harga minyak mentah turun. Harga diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 55,50 -$ 55,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 56,50-$ 57,00.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here