Harga Minyak Mentah Merosot; Laporan API Berikan Sentimen Bearish

597

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah merosot pada akhir perdagangan Rabu dinihari (29/11), terbebani keraguan apakah hasil pertemuan OPEC minggu ini akan menghasilkan perpanjangan pemotongan produksi minyak.

Harga minyak mentah berjangka A.S. berakhir turun 12 sen menjadi $ 57,99, setelah jatuh 1,4 persen pada sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 20 sen per barel pada $ 63,64 per barel pada pukul 2:28 sore. ET (1928 GMT).

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) diperkirakan akan menjalankan perundingan kebijakan yang lebih ketat dari perkiraan pada hari Kamis karena pemimpin OPEC Arab Saudi mendorong untuk memperpanjang pengurangan produksi pada sembilan bulan, namun non-anggota Rusia ragu-ragu mengenai durasi pembatasan karena kekhawatiran bahwa pasar bisa terlalu panas.

Produksi minyak dari proyek Sakhalin-1 Rusia Timur Jauh diperkirakan meningkat sekitar seperempat dari bulan Januari, sumber-sumber yang memiliki pengetahuan tentang rencana tersebut mengatakan kepada Reuters, menandakan Moskow mungkin merasa sulit untuk mematuhi pengurangan produksi bersamaan dengan OPEC untuk keseluruhan tahun.

Sebuah komite teknis gabungan OPEC dan non-OPEC merekomendasikan perpanjangan kesepakatan tersebut sampai akhir tahun depan, dengan opsi untuk meninjau kembali kesepakatan tersebut pada bulan Juni, dua sumber dengan pengetahuan tentang masalah tersebut mengatakan.

Menteri Perminyakan Irak mengatakan bahwa dia mendukung perpanjangan pemotongan minyak sementara mitranya dari Kuwait mengatakan bahwa kelompok tersebut belum menyetujui perluasan yang mungkin dilakukan.

Pasar memperkirakan OPEC akan memperpanjang pemotongan 1,8 juta barel per hari melampaui Maret sampai akhir 2018 untuk menghapus kelebihan pasokan global, namun hal ini sekarang kurang pasti.

Kepala riset komoditas Citigroup mengatakan dia memperkirakan OPEC akan memperpanjang kesepakatan sampai pertengahan tahun depan, bukan akhir. Tapi apapun yang kurang dari perpanjangan sampai akhir tahun depan akan menyebabkan aksi jual di harga, analis Citi menambahkan, seperti yang dilansir CNBC.

Konsultasi Wood Mackenzie memproyeksikan bahwa jika kesepakatan pemotongan produksi berakhir pada bulan Maret 2018, akan diperkirakan terjadi peningkatan pasokan minyak dunia sebesar 2,4 juta bpd dari tahun ke tahun di tahun 2018.

Minyak mentah A.S. menyentuh $ 59,05 pada hari Jumat, yang tertinggi sejak pertengahan 2015, didorong oleh pemadaman pipa Keystone, salah satu rute ekspor minyak mentah utama Kanada ke Amerika Serikat.

Namun TransCanada minggu ini mengatakan akan memulai kembali jaringan pipa 590.000-bpd dengan tekanan rendah pada hari Selasa setelah mendapat persetujuan dari regulator A.S.

Para pedagang mengatakan bahwa mereka memperkirakan penurunan arus dari Keystone ke pusat perdagangan berjangka AS, Cusine Cushing, Oklahoma agar persediaan inventaris musiman tetap terjaga.

Setelah pasar AS tutup dinihari tadi, American Petroleum Institute (API) melaporkan peningkatan 1.821 juta barel persediaan minyak mentah Amerika Serikat untuk minggu yang berakhir 24 November, dibandingkan perkiraan analis untuk penurunan persediaan 3,15 juta barel. Minggu lalu, API telah melaporkan hasil penurunan lebih dari 6 juta barel.

Persediaan bensin, menurut API, melihat penurunan minggu ini, dari 1,529 juta barel untuk pekan yang berakhir 24 November, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 1,17 juta barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah pasca laporan API yang menunjukkan peningkatan persediaan minyak mentah mingguan AS. Juga dengan keraguan Rusia ikut serta dalam penambahan waktu perpanjangan pembatasan produksi menjadi sentimen negatif. Harga diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,50 -$ 57,00, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,50-$ 59,00.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here