Harga Minyak Mentah Rebound 1 Persen, Terpengaruh Pemogokan Nigeria

613

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah rebound, naik lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Jumat dinihari (08/12) terpicu ancaman pemogokan di Nigeria dan upaya bargain hunting pedagang setelah kerugian yang tajam pada hari sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 73 sen, atau 1,3 persen, lebih tinggi pada $ 56,69 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik 88 sen atau 1,4 persen, pada $ 62,10 per barel pada pukul 2:27 siang. ET (1927 GMT).

Salah satu serikat minyak utama Nigeria mengancam untuk melakukan mogok kerja dari 18 Desember atas apa yang dikatakannya sebagai “pemecatan massal terhadap pekerja.” Nigeria merupakan eksportir minyak utama Afrika.

Hari sebelumnya, Brent sempat mengalami penurunan 2,6 persen, dan WTI turun 3 persen, setelah kenaikan pasokan bahan bakar A.S. yang tak terduga.

Data dari Energy Information Administration (EIA) pada hari Rabu menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah A.S. turun sebesar 5,6 juta barel pada minggu ke 1 Desember menjadi 448,1 juta barel, menempatkan saham di bawah tingkat musiman pada tahun 2015 dan 2016. Namun, pasokan bensin naik 6,8 juta barel, jauh di atas perkiraan analis 1,7 juta barel yang diperkirakan, dan pasokan distilasi, termasuk minyak diesel dan pemanas, naik 1,7 juta barel.

Produksi minyak mingguan A.S. meningkat 25.000 barel per hari (bpd) menjadi 9,71 juta barel per hari, tertinggi sejak angka bulanan menunjukkan Amerika Serikat menghasilkan lebih dari 10 juta barel per hari pada awal tahun 1970an.

Meningkatnya produksi A.S. terancam melemahkan upaya yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia untuk membawa produksi dan permintaan ke keseimbangan setelah bertahun-tahun kelebihan pasokan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah bergerak lemah jika penguatan dolar AS berlanjut. Meningkatnya produksi minyak AS juga menjadi ancaman kenaikan harga. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 56,20 – $ 55,70, jika bergerak naik akan berada dalam kisaran Resistance $ 57,40 – $ 57,90.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here