Harga Emas Mixed; Pergerakan Dolar AS Dicermati

667

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas mixed pada akhir perdagangan Jumat dinihari (15/12) karena dolar pulih dari penurunan pasca keputusan The Fed AS menaikkan suku bunga, meskipun mempertahankan proyeksi kenaikan suku bunga tidak berubah di tahun mendatang.

Harga emas spot LLG turun 0,28 persen pada $ 1,251.87 per ons, setelah naik hampir 1 persen pada sesi sebelumnya.

Harga emas berjangka A.S. naik 0,55 persen pada $ 1,255.50.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap sekeranjang enam mata uang utama, adalah 0,25 persen menjadi 93,68 setelah jatuh 0,7 persen pada hari Rabu.

Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar seperempat persen ke kisaran 1,25 persen menjadi 1,50 persen pada hari Rabu, dengan pembuat kebijakan memproyeksikan lonjakan jangka pendek dalam pertumbuhan ekonomi A.S. dari pemotongan pajak yang diajukan oleh Trump.

Inflasi konsumen AS yang melambat melambat pada bulan November, ditekan oleh biaya perawatan kesehatan yang lemah dan penurunan harga pakaian dalam hampir dua dekade, yang dapat mempengaruhi laju di mana Federal Reserve menaikkan suku bunga tahun depan.

Bank Sentral Eropa kemungkinan akan menghadapi beberapa prakiraan ekonominya pada hari Kamis dan mungkin akan memperdebatkan janjinya untuk menyimpan uang pada level saat ini yang sangat mudah, namun pada akhirnya akan menegaskan kembali adalah sikap kebijakan.

Anggota parlemen Kongres mencapai kesepakatan mengenai undang-undang pajak final pada hari Rabu, membuka jalan untuk mendapatkan suara terakhir minggu depan pada sebuah paket yang akan mengurangi tingkat pajak perusahaan A.S. menjadi 21 persen dan memotong pajak untuk orang Amerika kaya.

Di logam lain, perak anjlok 1,64 persen menjadi $ 15,80, sementara platinum turun 0,5 persen menjadi $ 880,30. Palladium, di sisi lain, melonjak 1,65 persen menjadi $ 1,033.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan mencermati pergerakan dolar AS, mengingat belum ada sentimen lain yang dapat mempengaruhi pergerakan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,250-$ 1,248, dan jika harga bergerak naik akan berada di kisaran Resistance $ 1,254-$ 1,256.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here