Harga Minyak Mentah Naik Tertinggi 2 Minggu; Pasokan Mingguan AS Menurun

478

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik pada akhir perdaganghan Kamis dinihari (21/12), terdukung penurunan pasokan minyak mentah A.S. dan penutupan pipa minyak North Sea Forties yang masih berlanjut.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 53 sen atau 0,92 persen, menjadi $ 58,09 per barel, membukukan penyelesaian tertinggi dalam lebih dari dua minggu.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik $ 1,23, atau 2 persen, pada $ 64,46 per barel pada pukul 2:15. ET (1915 GMT).

Persediaan minyak mentah AS turun 6,5 juta barel karena kilang naik pada minggu ke 15 Desember, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan sebesar 3,8 juta barel.

Pasokan bensin naik 1,2 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 1,9 juta barel. Pasokan distilasi, yang termasuk minyak diesel dan pemanas, naik sebesar 769.000 barel, versus ekspektasi untuk penurunan 870.000 barel, data EIA menunjukkan.

Harga minyak juga didukung dengan masih berlanjutnyab perbaikan jalur pipa Forties Inggris di Laut Utara, yang mempengaruhi minyak mentah berjangka Brent.

Operator Ineos mengatakan perbaikan pada pipa tersebut sedang dilakukan pada hari Rabu setelah ditemukan adanya kerusakan yang menutup pipa tersebut. Ineos memiliki skala waktu dua sampai empat minggu untuk perbaikan mulai 11 Desember.

Goldman Sachs mengatakan pada hari Rabu bahwa prakiraan bahwa persediaan minyak global akan diimbangi kembali pada pertengahan 2018, mengarah untuk keluar secara bertahap dari pemotongan dan kenaikan produksi OPEC dan Rusia sampai paruh kedua 2018. Bank menambahkan bahwa kenaikan produksi OPEC dan kenaikan output non-OPEC akan membuat risiko condong ke harga yang lebih rendah di paruh kedua tahun depan, demikian seperti dilansir CNBC.

OPEC dan sepuluh produsen lainnya yang dipimpin oleh Rusia memperpanjang kesepakatan untuk memangkas produksi minyak namun sekitar 1,8 juta bpd pada 30 November sampai akhir tahun depan.

Aliansi tersebut menargetkan penghapusan minyak mentah untuk membawa kembali persediaan di negara maju kembali ke rata-rata lima tahun yang bergerak.

Pedagang mengatakan kenaikan produksi minyak mentah A.S., yang telah melonjak 16 persen sejak pertengahan 2016, membatasi harga.

Angka EIA pada hari Rabu menunjukkan produksi minyak A.S. pada 9,79 juta barel per hari, sementara ekspor mencapai 1,86 juta barel per hari, mendekati harga tertinggi sepanjang masa baru-baru ini

Sebagian besar analis memperkirakan produksi A.S. akan menembus 10 juta bpd segera, yang akan menjadi rekor baru dan membawanya ke tingkat yang setara dengan eksportir utama Arab Saudi dan mendekati produsen utama Rusia, yang memproduksi sekitar 11 juta bpd.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak naik dengan penurunan pasokan minyak mentah AS dan penutupan pipa Laut Utara. Namun jika dolar AS lanjutkan pelemahan, dapat mengangkat harga minyak. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,50 – $ 59,00, jika bergerak turun akan berada dalam kisaran Support $ 57,50 – $ 57,00.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here