Harga Minyak Mentah AS Capai $ 60, Tertinggi 2,5 Tahun

704

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah melonjak menjadi dua setengah tahun tertinggi dalam volume perdagangan ringan pada akhir perdagangan Rabu dinihari (27/12), didorong berita ledakan pada pipa minyak mentah Libya serta pemotongan pasokan yang dipimpin oleh OPEC.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik $ 1,50, atau 2,6 persen, pada $ 59,97, membukukan harga penutupan terbaik sejak 24 Juni 2015. Kontrak tersebut sebelumnya menyentuh $ 60 untuk pertama kalinya dalam 2,5 tahun.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik $ 1,80, atau 2,8 persen menjadi $ 67,05 per barel pada pukul 2:29. (1929 GMT). Ini mencapai level tertinggi intraday di level $ 67,10, level terkuatnya sejak Mei 2015.

Orang-orang bersenjata meledakkan sebuah pipa yang memompa minyak mentah ke pelabuhan Es Sider pada hari Selasa, memotong produksi Libya hingga 100.000 barel per hari (bpd), menurut sumber militer dan energi.

National Oil Corporation (NOC) yang dikelola negara mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa produksi telah dikurangi 70.000 menjadi 100.000 bpd. Penyebab ledakan itu tidak jelas, tambahnya.

Produksi negara Afrika Utara telah pulih dalam beberapa bulan terakhir setelah ditahan selama bertahun-tahun di tengah konflik bersenjata dan kerusuhan.

Peremajaan kembali jalur pipa Laut Utara yang akan datang, Forties, membatasi demonstrasi tersebut. Pipa sedang diuji setelah perbaikan dan arus penuh harus dimulai pada awal Januari, kata operatornya pada hari Senin.

Aktivitas perdagangannya tipis karena liburan Natal di banyak negara. Hanya 50.000 kontrak minyak mentah Brent berjangka depan yang berpindah tangan pada hari Selasa, jauh di bawah rata-rata harian rata-rata lebih dari 250.000 kontrak.

Brent telah meningkat 17 persen sementara minyak mentah A.S. telah meningkat sekitar 11 persen pada tahun 2017. Organisasi Negara Pengekspor Minyak, ditambah Rusia dan anggota non-anggota lainnya, telah menahan beberapa keluaran sejak 1 Januari untuk menyingkirkan kekenyangan.

Para produsen telah memperpanjang kesepakatan pemotongan pasokan untuk mencakup seluruh 2018.

Menteri Perminyakan Irak mengatakan pada hari Senin akan ada keseimbangan antara penawaran dan permintaan pada kuartal pertama, yang mendorong kenaikan harga. Persediaan minyak global telah menurun ke tingkat yang dapat diterima, tambahnya.

Itu lebih awal dari perkiraan dalam perkiraan resmi OPEC terbaru, yang menyerukan pasar yang seimbang pada akhir 2018.

Pengapalan A.S. ke Tiongkok, salah satu konsumen minyak terbesar di dunia, mendapat keuntungan dari pemotongan produksi OPEC. Namun, Rusia adalah pemasok minyak mentah terbesar di Tiongkok untuk bulan kesembilan berturut-turut di bulan November, yang juga menduduki Arab Saudi selama tahun ini, data pabean Tiongkok menunjukkan pada hari Selasa.

Sementara aksi OPEC telah memberikan dukungan terhadap harga sepanjang tahun, penutupan pipa pipa Forties yang tidak direncanakan pada 11 Desember mendorong Brent ke level tertinggi 2,5 tahun.

Empat puluhan memainkan peran penting di pasar global karena merupakan yang terbesar dari lima aliran minyak Laut Utara yang mendasari tekanan Brent, patokan untuk perdagangan minyak di Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Asia.

Dalam jangka panjang, upaya OPEC dan Rusia untuk menopang harga juga bisa dirusak oleh produksi A.S., yang telah melonjak lebih dari 16 persen sejak pertengahan 2016, mendekati 10 juta bpd.

Jumlah kilang A.S., indikator awal produksi masa depan, diadakan pada 747 dalam minggu sampai 22 Desember, menurut laporan mingguan terbaru oleh Baker Hughes.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak lemah terpicu aksi profit taking setelah harga minyak mentah melonjak. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 59,50 – $ 59,00, jika bergerak naik akan berada dalam kisaran Resistance $ 60,50 – $ 61,00.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here