Harga Minyak Mentah Mundur Pasca Pasokan Bensin AS Meningkat

708

(Vibiznews – Comodity) Harga minyak mentah naik namun mundur dari level tertinggi multi tahun pada akhir perdagangan Kamis dinihari (11/01) setelah data pemerintah A.S. menunjukkan peningkatan persediaan bahan bakar dan penurunan aktivitas penyulingan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 61 sen menjadi $ 63,57 per barel, tingkat penutupan terbaik sejak 9 Desember 2014. Kontrak tersebut naik lebih awal ke $ 63,67, juga merupakan yang tertinggi sejak 9 Desember 2014.

Harga Minyak mentah berjangka Brent naik 34 sen menjadi $ 69,16 per barel pada pukul 2:29. ET. Brent sebelumnya mencapai $ 69,37, tertinggi sejak Mei 2015.

Persediaan minyak mentah A.S. turun 4,9 juta barel pekan lalu, lebih tinggi dari perkiraan penurunan 3,9 juta, namun kenaikan yang lebih besar dari perkiraan pada stok bensin dan bahan bakar mengimbangi penarikan tersebut, Administrasi Informasi Energi melaporkan.

Stok bensin naik sebesar 4,1 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 2,6 juta barel. Stok distilasi, yang meliputi minyak diesel dan pemanas, meningkat sebesar 4,3 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 1,5 juta barel, data EIA menunjukkan.

Pasar juga didukung secara moderat oleh data yang menunjukkan penurunan tajam dalam produksi A.S. pekan lalu yang menurut para pengamat bisa menjadi akibat suhu dingin yang ekstrem di seluruh Amerika Serikat untuk memulai tahun ini.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak, bersama dengan Rusia dan sekelompok produsen lainnya, November lalu memperpanjang kesepakatan pemotongan output untuk mencakup seluruh 2018.

Pemotongan tersebut ditujukan untuk mengurangi overhang pasokan global yang telah mengoyakkan pasar minyak sejak 2014.

Administrasi Informasi Energi A.S. (EIA) menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia 2018 sebesar 100.000 barel per hari (bpd) dari perkiraan sebelumnya.

Harga minyak telah meningkat lebih dari 13 persen sejak awal Desember, dan ada indikasi overheating. Analis memperingatkan bahwa pasar mengabaikan produksi A.S. meningkat akibat bahaya.

Pada minggu terakhir, produksi A.S. turun hampir 300.000 barel per hari menjadi 9,49 juta barel per hari, kata EIA. Namun, produksi minyak mentah A.S. diperkirakan akan mencapai 10 juta bpd bulan depan. Hanya Rusia dan Arab Saudi yang berproduksi di tingkat yang lebih tinggi.

Di Asia, wilayah konsumen minyak terbesar di dunia, penyuling menderita harga tinggi dan pasokan bahan bakar yang cukup banyak.

Harga minyak Asia lebih tinggi daripada di seluruh dunia. Sementara Brent dan WTI berada di bawah $ 70 per barel, harga rata-rata untuk nilai minyak mentah Asia telah meningkat menjadi $ 70,62, data Thomson Reuters Eikon menunjukkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun dengan peningkatan pasokan bahan bakar seperti yang dilaporkan EIA. Namun jika pelemahan dolar AS berlanjut dapat mengangkat harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 63,10-$ 62,60, namun jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 64,10-$ 64,60.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here