Harga Emas Bergerak Stabil; Pergerakan Dolar AS Dicermati

630

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas bergerak stabil pada Senin (22/01), karena dolar AS bergerak mendekati level terendah tiga tahun setelah penghentian pemerintah A.S., meski sentimen bullish di pasar keuangan yang lebih luas membatasi kenaikan logam mulia tersebut.

Harga emas spot LLG naik tipis 0,04 persen menjadi $ 1,331.96 per ons, yang telah mencapai tertinggi empat bulan Senin lalu.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Februari turun 0,11 persen pada $ 1,331.60.

Saham dunia mengabaikan kenaikan di Washington, dengan investor tampaknya yakin bahwa konflik antara Presiden Donald Trump dan Demokrat dapat diselesaikan dengan cepat.

Dengan mempertahankan kenaikan emas, imbal hasil A.S. menguat karena investor melihat kejatuhan ekonomi yang terbatas akibat kebuntuan di Washington dan malah berfokus pada ekonomi global yang melaju ke depan.

Meningkatnya imbal hasil cenderung membebani emas dengan meningkatkan biaya kesempatan menahan emas yang tidak menghasilkan. Mereka juga cenderung untuk meningkatkan dolar, membuat harga emas berharga dolar lebih mahal bagi investor non-A.S.

Penutupan pemerintah A.S. memasuki hari ketiga pada hari Senin, dengan Senat menetapkan untuk memberikan suara pada pukul 12 siang. pada langkah maju untuk memberikan pendanaan pemerintah sementara sampai 8 Februari dan mengakhiri penutupan. Analis di Julius Baer membocorkan hal tersebut dengan nada hati-hati.

Holdings of SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, naik lebih dari 2 persen minggu lalu, minggu terbaik mereka sejak pekan yang berakhir pada 3 September.

Di antara logam mulia lainnya, perak spot naik 0,14 persen pada $ 17,024. Platinum naik 0,46 persen menjadi $ 1,014.50, setelah menyentuh level tertingginya sejak 8 September di $ 1,018.80.

Palladium turun 0,74 persen menjadi $ 1,096.49 per ons. Ini menyentuh rekor tertinggi pekan lalu di $ 1.138. Arus palladium dari saham Inggris ke Hong Kong meningkat seiring permintaan dari industri Asia tumbuh.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dolar AS berlanjut. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,334-$ $ 1,336, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,330-$ 1,328.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here