Harga Minyak Mentah Terganjal Peningkatan Produksi Libya

615

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah tergelincir pada hari Senin (22/01) di bawah tekanan dari meningkatnya produksi Libya dan kekhawatiran bahwa sebuah rally yang telah mengirim harga ke level tertinggi sejak Desember 2014 telah kehabisan tenaga.

Namun kerugian dibatasi oleh komentar dari eksportir utama Arab Saudi bahwa OPEC dan produsen lainnya akan terus bekerja sama dalam mengurangi minyak mereka melampaui 2018 dan harga juga menemukan beberapa dukungan dari pertumbuhan ekonomi yang kuat yang mendukung permintaan.

Harga minyak mentah berjangka A.S. tergelincir 3 sen menjadi $ 63,34, dimana telah mencapai level tertinggi sejak Desember 2014 pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 7 sen menjadi $ 68,54 per barel pada 1215 GMT, berbalik arah setelah kenaikan moderat sebelumnya. Brent telah mencapai $ 70,37 pada 15 Januari, tertinggi sejak Desember 2014.

Analis mengatakan dimulainya kembali produksi dari As-Sarah Libya menghambat rally pada minyak.

Produksi di As-Sarah dilanjutkan pada hari Minggu dan diperkirakan akan menambah 55.000 barel per hari (bpd) pada hari Senin.

Brent sangat sensitif terhadap perubahan produksi dari Libya, karena sebagian besar minyak mentah Libya dihargai terhadap Brent.

Arab Saudi mengatakan pada hari Minggu bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya telah sepakat untuk terus bekerja sama dalam produksi setelah kesepakatan mereka mengenai pemotongan pasokan akan berakhir pada akhir tahun 2018. Kesepakatan tersebut dimulai pada bulan Januari 2017.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan bahwa rebalancing pasar mungkin tidak akan berlangsung sampai 2019, yang mengindikasikan akan memakan waktu lebih lama dari yang sebelumnya ditunjukkan oleh OPEC.

Bernstein Energy mengatakan persediaan minyak mungkin akan mulai meningkat segera karena perlambatan permintaan yang biasanya terjadi pada akhir musim dingin di belahan bumi utara.

Namun, penurunan jumlah kilang pengeboran A.S., sebuah indikator produksi masa depan, menawarkan beberapa dukungan. Pengebor A.S. memangkas lima kilang dalam minggu ke 19 Januari, mengurangi jumlah menjadi 747.

Pertumbuhan ekonomi global juga membantu harga dengan mendorong permintaan. “Pertumbuhan global telah disinkronisasi dan dipercepat di atas tren,” kata bank AS Morgan Stanley dalam sebuah catatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan sentimen peningkatan produksi Libya. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 62,80-$ 62,30, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 63,80-$ 64,30.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here