Harga Karet Tocom Jepang Awal Maret Alami Tekanan

680

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka Jepang  di  bursa komoditas Tocom awal perdagangan bulan Maret (01/03) yang sempat dibuka lebih tinggi berakhir negatif dari akhir perdagangan sebelumnya. Anjloknya harga karet tersebut dipicu oleh lemahnya perdagangan saham Nikkei yang membuat pasar alihkan portofolionya.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Juli 2018 akhir perdagangan  hari Rabu ditutup pada posisi 193,4  yen setelah dibuka pada posisi 195,2 yen  yang merupakan posisi harga tertinggi selama 11 hari.

Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan awal bulan Maret ini  dipicu oleh anjloknya harga minyak mentah selama 2 hari terakhir yang memberatkan perdagangan  saham di bursa Jepang.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak lemah di sesi Eropa hari ini, turun 0,07 persen  pada 106.77 setelah dibuka pada posisi 106,66 yen dan sempat tertekan ke 106.88 yen. Namun harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sedang rebound oleh bargain hunting  setelah awal perdagangan dibuka lebih kuat 61.53 dan kini berada di posisi 61.68.

 

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here