Jalur Penurunan Harga Kopi ICE Sejak Awal Maret Berlanjut

755

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan harga kopi dunia di bursa komoditas internasional sedang di jalur penurunan sejak perdagangan awal bulan Maret pekan lalu. Setelah sempat rebound perdagangan sebelumnya, harga kopi arabika di bursa ICE New York akhir sesi Amerika Kamis dini hari (08/03) anjlok kembali sekalipun kurs dolar AS sedang murah.

Harga kopi berjangka jenis Arabica untuk kontrak bulan Mei akhir sesi Amerika turun  $0,5 sen atau 0,4 persen pada $1,2075 per pound dan sempat turun ke $1,198 yang merupakan harga terendah dalam 7 hari. Namun untuk harga kopi robusta berjangka naik  $8  atau 0,5 persen menjadi $ 1.785 per ton.

Analis Vibiz Research Center melihat penurunan harga kopi Amerika ini sementara jika kurs dolar AS di pasar forex turun lagi. Perdagangan terpantau tidak ada sentimen yang kuat secara fundamental.

Untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi berpotensi naik kembali jika posisi dolar AS terus bergerak turun.  Kopi Arabika akan bergerak pada resisten  $1,2150 – $1,2220 dan jika terjadi koreksi turun akan meluncur ke kisaran support $1,1970 -$1,1955 .

Jul Allens/Analyst Vibiz Research Centre-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here