Bursa Wall Street Anjlok Tertekan Perang Dagang AS-Tiongkok

703

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS turun tajam pada akhir perdagangan Jumat dinihari (23/03), tertekan oleh kekhawatiran perang dagang dan penurunan saham teknologi. Pasar yang lebih luas juga tertekan oleh penurunan saham bank.

Indeks Dow Jones turun 724,42 poin menjadi ditutup pada 23.957,89, dengan Caterpillar, 3M dan Boeing sebagai penurunan terbesar. Penurunan 2,9 persen adalah yang terburuk sejak 8 Februari.

Indeks 30-saham ini juga secara singkat memasuki wilayah koreksi untuk pertama kalinya sejak bulan lalu, jatuh 10 persen dari tertinggi 52 minggu pada satu titik di akhir hari.

Indeks S & P 500 turun 2,5 persen menjadi 2.643,69, dengan tujuh dari 11 sektor – termasuk teknologi dan keuangan – turun lebih dari 2 persen. Sektor keuangan adalah sektor berkinerja terburuk dalam indeks yang merosot 3,7 persen, hari terburuk sejak 8 Februari ketika turun 4,5 persen.

Indeks Komposit Nasdaq mundur 2,3 persen menjadi ditutup pada 7,166.68.

Sebelumnya, pemerintahan Trump mengeluarkan tarif yang dirancang untuk menghukum Tiongkok karena pencurian kekayaan intelektual, memaksakan sekitar $ 60 miliar sebagai biaya pembalasan.

Ekuitas telah mendapat tekanan baru-baru ini karena pemerintahan Trump meningkatkan agenda perdagangan proteksionisme. Awal bulan ini, Presiden Donald Trump mengumumkan penerapan tarif pada impor baja dan aluminium, meningkatkan kekhawatiran tentang perang perdagangan potensial.

Boeing turun 5,2 persen, sementara saham Caterpillar dan 3M turun 5,7 persen dan 4,7 persen, masing-masing.

Pada hari Kamis, imbal hasil Treasury 10-tahun membukukan penurunan satu hari terbesar sejak September tahun lalu karena investor menawar harga obligasi, sementara emas berjangka naik 0,5 persen. Treasury dan emas dilihat sebagai aset yang lebih aman untuk dimiliki daripada saham.

Saham bank, sementara itu, jatuh bersama dengan imbal hasil Treasury. SPDR S & P Bank ETF (KBE) turun 3,7 persen, sementara Citigroup, J.P. Morgan Chase dan Bank of America semua ditutup lebih rendah.

Indeks Volatilitas Cboe (VIX), secara luas dianggap pengukur terbaik dari ketakutan di pasar, naik di atas 22.

Kerugian dalam teknologi juga membuat pasar saham jatuh. Saham teknologi telah mengalami tekanan akhir-akhir ini di tengah penurunan tajam dalam saham Facebook. Berita pecah baru-baru ini bahwa perusahaan riset data Cambridge Analytica mengumpulkan data dari 50 juta profil Facebook tanpa izin dari para penggunanya. Saham Facebook telah berada di bawah tekanan sepanjang minggu, meluncur 8,5 persen hingga penutupan Rabu. Pada hari Kamis, mereka turun 2,7 persen.

CEO Facebook Mark Zuckerberg memecah keheningannya atas berita itu, mengatakan kepada CNN bahwa itu adalah “pelanggaran kepercayaan besar, dan saya benar-benar menyesal bahwa ini terjadi.”

Berita itu menimbulkan kekhawatiran bahwa anggota parlemen AS dapat membuat peraturan tentang penggunaan data untuk Facebook dan perusahaan teknologi besar lainnya.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS yaitu Durable Goods Orders dan New Home Sales Februari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan melemah dengan kekuatiran perang dagang. Namun aksi bargain hunting bisa terjadi dengan investor memanfaatkan pelemahan harga saham di bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here