Bursa Wall Street Berakhir Lemah; Saham Teknologi Masih Tertekan

732
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS berakhir lemah pada akhir perdagangan Kamis dinihari (29/03). Indeks Komposit Nasdaq ditutup lebih rendah untuk hari kedua berturut-turut karena saham teknologi gagal pulih dari kerugian tajam yang terlihat pada sesi sebelumnya.

Indeks teknologi kapital besar ini turun 0,8 persen menjadi 6.949,23 karena Amazon, Netflix dan Apple merosot kembali masing-masing 4,4 persen, 4,9 persen dan 1,1 persen. Pada sesi tertinggi, Nasdaq naik sebanyak 0,4 persen.

Indeks S & P 500 dan Dow Jones juga ditutup lebih rendah. Indeks S & P 500 turun 0,3 persen menjadi 2.605 karena teknologi menurun 0,9 persen.

Indeks Dow Jones ditutup 9,29 poin lebih rendah pada 23.848,42 setelah diperdagangkan dalam kisaran luas. Pada sesi tertinggi, indeks 30-saham naik sebanyak 234,76 poin dan jatuh 129,04 poin pada terendah hari ini.

Amazon jatuh setelah Axios melaporkan bahwa Presiden Donald Trump terobsesi dengan perusahaan. Laporan itu juga mengatakan Trump ingin mengejar Amazon. Saham Amazon diperdagangkan 3 persen lebih rendah dalam perdagangan sore.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan Rabu: “Kami tidak memiliki pengumuman dan tidak ada kebijakan atau tindakan khusus yang sedang kami dorong (sekarang di Amazon).”

Apple menurun setelah analis Goldman Sachs memprediksi penjualan iPhone lebih rendah pada Maret dan untuk kuartal Juni dari sisa Street. Mereka juga memotong target harga mereka pada saham menjadi $ 159 dari $ 161.

Dana SPDR Sektor Pilih Teknologi (XLK) sempat dicelupkan ke wilayah koreksi pada hari Rabu. The VanEck Vectors Semiconductor ETF (SMH) ditutup lebih dari 10 persen di bawah tertinggi 52 minggu.

Teknologi jatuh 3,5 persen pada hari Selasa, menandai penurunan satu hari terbesar sejak 8 Februari. Pergerakan lebih rendah dalam teknologi mengirim riak melalui seluruh pasar saham karena rata-rata utama turun lebih dari 1 persen. Penurunan di sektor ini terjadi setelah Reuters melaporkan Nvidia untuk sementara menangguhkan tes mengemudi sendiri.

Penjualan itu diperparah oleh tekanan lebih lanjut pada saham Facebook. Laporan muncul pekan lalu yang menyatakan bahwa Cambridge Analytica, perusahaan analitik, telah mengumpulkan data dari 50 juta profil Facebook tanpa izin pengguna. CNN melaporkan pada hari Selasa bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg akan memberikan kesaksian di depan Kongres tentang kebocoran Cambridge Analytica.

Investor juga berbondong-bondong ke aset tradisional yang lebih aman seperti obligasi, mendorong imbal hasil Treasury 10-tahun di bawah 2,8 persen. Pada hari Rabu, imbal hasil mencapai level terendah dalam tujuh minggu.

Sementara itu, investor di seluruh dunia telah mengawasi secara seksama masalah perdagangan global, memperdebatkan implikasi ekonomi apa yang dapat terjadi jika perang dagang terjadi antara China dan AS. Hal ini terjadi setelah Trump menandatangani memorandum eksekutif yang akan menyebabkan tarif impor Cina – hingga $ 60 miliar, mendorong bangsa Asia untuk membalas.

Dalam berita ekonomi, ekonomi AS tumbuh 2,9 persen pada kuartal keempat, menurut pembacaan akhir pada ekonomi AS untuk periode tersebut.

Malam nanti akan dirilis data Personal Income dan Personal Spending Februari yang diindikasikan stabil, juga data jobless claim yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi melemah jika data jobless claim terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here