Harga Emas Bergerak Naik Terbantu Ketegangan Geopolitik Timur Tengah

869

(Vibiznews – Commodity) Harga emas bergerak lebih tinggi pada Selasa (10/04) dengan investor menunggu tindakan potensial AS terhadap dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah.

Analis menyatakan kondisi geopolitik mengambil tempat sebagai penggerak utama minggu ini, sehingga emas berpotensi mendapat ruang untuk menguat. Banyak yang akan mencermati kondisi geopolitik antara Rusia, Suriah, Iran, dan segala macam negara lain yang berpotensi menjadi bagian dari ini.

Harga emas spot LLG naik 0,32 persen pada $ 1,340.12 per ons pada 9:39 pagi ET.

Harga Emas berjangka AS menambahkan 0,26 persen menjadi $ 1,343.60 per ons.

Trump pada hari Senin menjanjikan tindakan cepat dan tegas dalam menanggapi serangan senjata kimia yang diduga mematikan di Suriah, yang muncul untuk menunjukkan respon militer potensial.

Emas sering dilihat sebagai investasi alternatif selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Emas juga mendapat dorongan karena indeks dolar merosot ke level terendah dua minggu terhadap sekeranjang mata uang pada hari Selasa setelah janji Presiden China Xi Jinping untuk memotong tarif impor meredakan kekhawatiran tentang konflik perdagangan. Xi berjanji untuk membuka ekonomi negara lebih lanjut dan menurunkan tarif impor pada produk termasuk mobil. Komentarnya memacu rally di pasar ekuitas global.

Pasar melihat ke depan untuk risalah pertemuan Federal Reserve minggu ini pada pertemuan kebijakan terakhir dan data IHK AS untuk isyarat pada laju kenaikan suku bunga tahun ini.

Dalam logam mulia lainnya, perak naik 1,14 persen menjadi $ 16,64 per ons.

Platinum turun 0,09 persen menjadi $ 930,70 per ons, setelah memperoleh sekitar 2 persen di sesi sebelumnya, yang paling dalam hampir dua bulan. Palladium naik 1,94 persen menjadi $ 947,35 per ons. Logam katalis otomatis naik lebih dari 3 persen pada hari Senin, kenaikan persentase harian terbesar sejak 12 Januari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas dapat bergerak positif dengan ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,342-$ 1,344, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,338-$ 1,336.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here