Harga Emas Menjelang Pertemuan FOMC AS

771

(Vibiznews-Commodity) Harga emas tidak banyak berubah dan berada tepat dibawah level $1,300 yang penting secara psikologis pada perdagangan awal sesi Amerika Serikat hari Rabu. Emas berjangka Comex bulan Agustus terakhir turun $0.60 per ons pada $1,298.80. Perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.069 per ons.

Data AS yang baru saja dirilis Producer Price Indeks untuk bulan Mei muncul dengan kenaikan 0.5%. Angka yang diperkirakan adalah sebesar 0.3%. Pasar tidak begitu memberikan reaksi yang besar pada laporan ini, tetapi ini menunjukkan tekanan inflasi sedang meningkat.

Perhatian semua orang pada saat ini berada pada pertemuan Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) yang dimulai sejak hari Selasa dan akan berakhir pada hari Rabu sore dengan sebuah pernyataan. Diperkirakan secara luas FOMC akan menaikkan tingkat bunga sebanyak 0.25% pada pertemuan ini. Gubernur Fed Jerome Powell akan mengadakan konferensi pers setelah pertemuan selesai. Para Trader akan menguraikan komentar Powell untuk mendapatkan petunjuk mengenai kecepatan kenaikan tingkat bunga AS kedepannya.

European Central Bank (ECB) mengadakan pertemuan kebijakan moneternya pada hari Kamis. Tidak ada perubahan yang diperkirakan dalam hal kebijakan ECB. Tetapi bank sentral Eropa ini masih berada pada jalur “uang mudah”  yang mempertahankan tingkat bunganya sangat rendah, dan bersilangan dengan yang dari Amerika Serikat. Data ekonomi yang lebih lemah yang keluar  dari Uni Eropa pada hari ini ­adalah petunjuk yang selanjutnya ECB harus tetap memelihara kebijakan ekonominya akomodatif. Sampai akhir tahun “spread” antara  tingkat bunga AS dan zona Euro diperkirakan sekitar 3.0%.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here