Dolar AS Terus Menekan Harga Emas

703

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun secara moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin. Emas tidak jauh dari kerendahan 12 bulan minggu lalu, sementara perak berjangka menyentuh kerendahan selama 6,5 bulan semalam. Indeks dolar AS yang menguat adalah negatif bagi metal berharga dalam memulai minggu perdagangan yang baru.

Dolar AS memulai kuartal yang ketiga dengan nada yang kuat dan dipandang sebagai salah satu dari faktor kunci yang membebani setiap komoditi yang berdenominasi dolar – seperti emas, pada permulaan dari minggu perdagangan yang baru.

Sentimen lepas dari resiko terlihat nyata dari penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS yang berlangsung terus, tetapi hanya sedikit memberikan dukungan kepada daya tarik “safe-haven” dari metal berharga.

Emas berjangka Comex bulan Agustus terakhir turun $4.10 per ons pada $1,250.30. Perak Comex bulan Juli terakhir turun $0.194 pada $15.91 per ons.

Pasar saham dunia sebagian besar turun semalam. Indeks saham AS menuju pembukaan yang lebih rendah ketika sesi New York mulai. Ketegangan perdagangan dunia masih tetap tinggi, yang menyebabkan ketakutan ada lagi di pasar memulai perdagangan minggu yang baru dan kuartal yang baru.

Sentimen “bearish” tetap berlanjut meskipun ada peningkatan “risk aversion” dalam perdagangan global, sebagaimana yang terlihat pada pasar saham Eropa yang memerah disebabkan oleh kegelisahan akan politik di Jerman.

Presiden AS Trump sekarang sedang fokus pada tarif atas impor otomobil. Relasi dagang yang sudah tegang antara AS dan ekonomi utama dunia lainnya kelihatannya telah meningkat ke level berikutnya.

Sementara itu, prospek atas pergerakan kenaikan tingkat bunga Federal Reserve secara bertahap sampai akhir tahun ini, yang selanjutnya diperkuat oleh indeks harga PCE inti pada hari Jumat, bisa terus membuat suatu batasan atas setiap pemulihan yang berarti untuk metal yang tidak memberikan imbal hasil.

Support yang terdekat berada pada area $1,246, dibawah ini emas kemungkinan akan turun lebih lanjut kearah kerendahan Desember 2017 sekitar $1,237. Pada arah sebaliknya, area sekitar $1,255 merupakan rintangan yang paling dekat, yang jika tertembus akan memicu kenaikan kearah level $1,261.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here