Harga Emas Menguat Terdukung Pelemahan Dolar AS dan Rebound Yuan Tiongkok

562

(Vibiznews – Commodity) Emas memperpanjang pemulihan pada hari Senin sore (09/07), mencapai tertinggi dalam hampir dua minggu terbantu pelemahan dolar AS dan rebound Yuan Tiongkok.

Harga emas spot LLG naik 0,9 persen pada $ 1,265.39 per ons, tertinggi sejak 26 Juni.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus naik 0,8 persen menjadi $ 1,266.40 per ons.

Baru-baru ini ada korelasi kuat antara yuan dan emas, kata analis. Yuan naik setengah persen di pasar luar negeri menjadi 6,6292 melawan dolar, lebih jauh dari posisi terendah pada Juni – penurunan bulanan terbesar yang pernah terjadi – sementara indeks dolar melemah.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama turun 0,2 persen menjadi 93,859.

Dolar AS yang lemah membuat emas dengan denominasi mata uang dolar menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Menteri Brexit Inggris David Davis mengatakan pada hari Senin bahwa ia telah mengundurkan diri untuk mencoba menghentikan Perdana Menteri Theresa Mei dari menyerahkan terlalu banyak kekuatan kepada Uni Eropa, meningkatkan tekanan pada seorang pemimpin Inggris yang berjuang untuk mengatasi perpecahan Brexit.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan lanjutkan penguatan dengan melemahnya dolar AS. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,267-$ 1,270, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,263-$ 1,261.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here