Perang Dagang Dan Cuaca Panas Dorong Harga Batubara

566

(Vibiznews – Index) – Sektor komoditas telah terpukul oleh ketegangan perdagangan yang meningkat antara Washington dan Beijing, sementara kecenderungan bahwa permintaan China untuk bahan bakar batubara tetap tinggi.

Benchmark harga batubara termal Australia telah meningkat 40 persen tahun dan sejauh ini, telah menembus $ 120 per metrik ton untuk pertama kalinya sejak 2012.

Musim panas yang lebih panas dari biasanya mendorong permintaan akan alat pendingin.

Gelombang panas juga mengeringkan penampungan air yang akan menekan output daya hidroelektrik, sementara tenaga air adalah sumber utama energi terbarukan di China.

Berkontribusi pada krisis pasokan adalah penurunan luas dalam produksi batubara domestik dalam beberapa tahun terakhir karena upaya China untuk membersihkan lingkungannya.

Semua faktor tersebut berkontribusi terhadap permintaan impor batu bara yang lebih besar.

Pemasok batu bara utama China adalah Australia, tetapi AS juga mengekspor sumber bahan bakar ke ekonomi terbesar di Asia tersebut.

Ekspor batu bara Amerika ke China meningkat dua kali lipat dari 2016 hingga 2017, tetapi bahan bakar fosil tersebut ditetapkan untuk dikenakan tarif 25 persen yang dimulai pada tanggal yang tidak ditentukan.

Untuk saat ini, di Cina, pemerintah bergegas untuk membersihkan udara yang sensitif secara politik polusi.

Raksasa energi BP mengatakan dalam tolok ukur tahunan Statistik Dunia Energi Dunia bahwa pangsa batubara yang digunakan dalam pembangkit listrik adalah 38 persen – praktis tidak berubah dari tahun 1997.

Di China, kapasitas untuk energi terbarukan dan bahan bakar gas alam yang lebih bersih belum dapat mengatasi pertumbuhan permintaan, alternatif seperti pembangkit listrik tenaga air harus mengurangi output karena kondisi cuaca, atau infrastruktur gas belum siap.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here