Emas Berjuang Naik Ditengah Sedikitnya “Risk-Aversion”

655

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik lumayan dan harga perak hampir tidak bergerak pada awal perdagangan AS hari Senin kemarin. Setelah kejatuhan sampai kerendahan 12 bulan pada akhir perdagangan minggu lalu, kedua metal tersebut mencoba untuk naik kembali. Sedikitnya keengganan terhadap resiko di pasar pada beberapa minggu terakhir menyebabkan para trader dan investor meninggalkan metal safe-haven.

Hanya ada sedikit keengganan terhadap resiko diantara investor dan trader global meskipun terjadi perang dagang antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Hal ini membuat terus mengalirnya uang ke pasar saham dunia, terutama dengan terpukulnya sektor komoditi pada saat ini, yang disebabkan pertikaian dagang antara AS dengan Cina. Harga emas dan perak memilih untuk mengikuti pasangan komoditi mentah mereka belakangan ini.

Pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) Cina di kuartal kedua dilaporkan 6.7% setahun, yang adalah lebih rendah daripada tingkat pertumbuhan pada kuartal pertama sebesar 6.8%. Namun pertumbuhan ini masih sesuai dengan target pertumbuhan tahunan pemerintah Cina sebesar 6.5%.

Data ekonomi AS yang dirilis pada hari Senin malam termasuk penjualan eceran, survei Empire State Manufacturing dan Manufacturing and trade inventories.

Pasar emas berpegang pada pijakannya dekat kerendahan selama setahun pada minggu lalu setelah keluar angka penjualan eceran bulan lalu yang sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan. Penjualan eceran AS naik 0.5% pada bulan Juni, setelah kenaikan revisi 1.3% pada bulan Mei. Para ekonom memperkirakan kenaikan 0.4% di dalam angka umum. Selama setahun penjualan eceran naik 6.6%.

Pada saat yang bersamaan penjualan eceran inti sesuai dengan ekspektasi, naik 0.4% pada bulan lalu. Kenaikan angka bulanan pada bulan Mei juga direvisi naik lebih tinggi menjadi 1.3%.

Pasar emas telah berjuang untuk menemukan momentum belakangan ini dengan para investor sedang fokus pada dolar AS.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir diperdagangkan naik $2.80 per ons pada $1,243.80. Perak Comex bulan Septermber naik $0.015 pada $15.83 per ons.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here