Harga Emas Naik Tipis Seiring Retreat Dolar AS

1081

(Vibiznews – Commodity) Harga emas bergerak datar, masih naik tipis dalam perdagangan volatile pada hari Jumat sore (20/07), setelah mencapai terendah satu tahun di sesi sebelumnya, karena dolar AS mundur dari tertinggi dalam setahun.

Harga emas spot LLG diperdagangkan pada $ 1,224.55 per ons pada 0811GMT. Di sesi sebelumnya, jatuh ke terlemah sejak Juli tahun lalu di $ 1.211,08 per ons.

Harga emas berjangka AS sedikit berubah pada $ 1,224.40 per ons.

Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama, turun 0,03 persen pada 95,123, setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan keprihatinan tentang kekuatan mata uang dan kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Trump pada Kamis mengkritik kebijakan Fed meskipun sebagian besar ekonom percaya inflasi tertinggi dalam tujuh tahun dan pengangguran terendah dalam 40 tahun membenarkan kenaikan suku bunga baru-baru ini dan dolar AS yang kuat.

Ini muncul setelah kesaksian kongres ketua The Fed Jerome Powell di mana dia mengatakan AS berada di jalur selama bertahun-tahun lebih dari pertumbuhan stabil dan menegaskan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga lebih banyak.

Kenaikan suku bunga AS cenderung meningkatkan dolar AS dan membuat emas lebih mahal bagi pemegang lainnya.

Di tempat lain, para pejabat dari Komisi Perdagangan Uni Eropa akan tiba di Washington pekan depan untuk pembicaraan perdagangan tetapi blok tersebut menyiapkan daftar impor AS untuk memukul jika Amerika Serikat mengenakan tarif pada mobil Uni Eropa.

Dalam logam mulia lainnya, perak naik 0,9 persen menjadi $ 15,41 per ons. Itu turun sekitar 2,5 persen untuk minggu ini sejauh ini.

Palladium naik lebih dari 2 persen pada $ 889 per ons. Logam itu jatuh sekitar 5 persen selama seminggu.

Platinum 0,9 persen lebih tinggi pada $ 811,80 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan bergerak volatile mengingat belum adanya sentimen kuat yang mempengaruhi emas juga dolar AS. Namun jika kemunduran dolar AS terus berlanjut, akan menguatkan harga emas. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,227-$ 1,229, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,223-$ 1,221.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here