Harga Emas Tergelincir Terganjal Kekuatan Dolar AS

845

(Vibiznews – Commodity) Harga emas memperpanjang penurunan ke sesi ketiga pada hari Senin (13/08), karena dolar AS naik ke level tertinggi 13 bulan di tengah krisis keuangan di Turki.

Harga emas spot LLG turun 0,79 persen menjadi $ 1,201.66 per ons, melayang dibawah dari terendah 17-bulan $ 1,204 yang dicapai pada awal Agustus.

Harga emas berjangka AS turun 0,82 persen pada $ 1,209.00 per ons.

Dolar AS naik terhadap yuan China pada hari Senin dan bertahan stabil setelah mencapai tertinggi 13 bulan terhadap sekeranjang enam mata uang utama.

Saham Asia jatuh pada hari Senin dan euro mencapai posisi terendah satu tahun terhadap dolar karena kekalahan baru di lira Turki mendorong permintaan untuk safe haven, termasuk dolar AS, franc Swiss dan yen.

Mata uang Turki telah jatuh ke rekor baru yang rendah karena kekhawatiran atas pengaruh Presiden Tayyip Erdogan atas ekonomi dan memburuknya hubungan dengan Amerika Serikat.

Turki telah menyusun rencana aksi ekonomi dan akan mulai menerapkannya pada Senin pagi untuk meredakan kekhawatiran investor, Menteri Keuangan Berat Albayrak mengatakan.

Di tempat lain, bank sentral China pada hari Jumat mengatakan akan mempertahankan kebijakan moneter yang bijaksana dan netral untuk memastikan likuiditas yang cukup dan menjaga yuan sebagian besar stabil, setelah mata uang awal bulan ini mencapai terendah 14 bulan terhadap dolar di tengah ketegangan perdagangan AS-China yang sedang berlangsung. .

Dalam logam mulia lainnya, perak sedikit berubah pada $ 15,27 per ons, setelah sebelumnya tergelincir ke level terendah sejak 19 Juli di $ 15,19.

Platinum merosot 1 persen menjadi $ 819,40, sementara paladium kehilangan 1,2 persen menjadi $ 899,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan bergerak lemah jika penguatan dolar AS terus berlanjut. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,200-$ 1,198, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,204-$ 1,206.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here