Harga Kakao Pembuat Cokelat Sedang Turun Banyak

598

(Vibiznews – Commodity) – Harga komoditas pembuat cokelat atau kakao yang diperdagangan bursa internasional New York sedang anjlok parah, terjun dari harga tertinggi 3 pekan yang dicapai perdagangan sebelumnya. Penutupan pasar Amerika yang berakhir Rabu pagi (26/09) harga kakao turun ke posisi terendah dalam sepekan.

Pekan lalu harga kakao bergerak bullish hingga sempat naik ke posisi $2,203 oleh pemberitaan turunnya pengiriman  kakao di pelabuhan Pantai Gading hingga sekitar 8 persen dibandingkan dengan musim panen setahun sebelumnya. Namun prospek tanaman yang bagus di Afrika Barat memberikan tekanan bagi pasar sehingga terjadi profit taking.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Desember di ICE New York  turun  40 sen  atau 1,79 persen pada posisi $ 2,195 per ton. Perdagangan sebelumnya ada di posisi $ 2,200 per ton. Penurunan harga juga terjadi bursa London, harga kakao London untuk kontrak bulan Desember  turun 34 pound atau 2,1 persen  pada 1.563 pound per ton.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa New York malam nanti diperkirakan naik kembali, sehingga bergerak naik di kisaran  $2205 hingga $2235.  Namun jika kembali turun akan ke kisaran $2193 hingga $2165.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here