Harga Emas LLG 3 Oktober Masih Berkilau

704

(Vibiznews – Commodity) – Sejak awal perdagangan sesi Asia hari Rabu (03/10) harga emas LLG di pasar komoditi internasional bergerak kuat melanjutkan rally perdagangan sebelumnya. Dan masuki sesi Eropa harga emas bergerak turun setelah sempat mencapai posisi tinggi perdagangan hari sebelumnya.

Harga emas berkilai kembali karena dolar melemah dan permintaan untuk safe haven mendapat dorongan pada kekhawatiran seputar rencana Italia untuk mengatasi defisit anggarannya. Perdagangan beresiko terpukul setelah pejabat Uni Eropa (UE) mengungkapkan kekhawatiran tentang rencana anggaran Italia, yang akan memperlebar defisit secara signifikan dan membangkitkan kembali kekhawatiran krisis utang zona euro.

Namun kekhawatiran utang itu pudar kembali masuki sesi Eropa oleh laporan bahwa Italia akan memangkas defisit anggarannya dengan laju yang lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sehingga terpantau harga spot emas (LLG) naik 0,11 persen pada $1203.56 per troyons setelah  sempat mencapai posisi diatas $1208.20  yang merupakan tertinggi dalam 9 hari.  Demikian juga dengan harga emas berjangka AS naik 0,08% ke posisi $1208 per troyons.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi bullish terus oleh ekspektasi penurunan dolar oleh buruknya perkiraan rilis data makro AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here