Bursa Wall Street Berakhir Negatif; Saham Teknologi Tergelincir

687

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS berakhir melemah pada hari Rabu terganjal penurunan tajam dalam saham teknologi dan kekhawatiran kenaikan suku bunga yang cepat.

Indeks Dow Jones ditutup 831,83 poin lebih rendah pada 25.598,74 karena Intel dan Microsoft masing-masing turun lebih dari 3,5 persen.

Indeks Nasdaq Composite anjlok 4 persen menjadi 7.422,05.

Indeks S & P 500 turun 3,3 persen menjadi 2,785.68, dengan sektor teknologi berkinerja buruk.

Indeks secara luas juga mencatat penurunan beruntun lima hari – terpanjang sejak November 2016 – dan turun di bawah 50-hari dan 100-hari rata-rata pergerakan, secara luas mengikuti level teknis.

Baik Dow dan S & P 500 membukukan penurunan satu hari terbesar sejak awal Februari, sementara Nasdaq mencatat penjualan hari pertama terbesar sejak 24 Juni 2016.

Saham telah jatuh tajam bulan ini. Untuk Oktober, S & P 500 dan Dow turun masing-masing lebih dari 4,4 persen dan 3,3 persen. Sedangkan Nasdaq telah kehilangan lebih dari 7,5 persen.

Saham Amazon turun 6,2 persen pada hari Rabu, sementara Netflix turun 8,4 persen. Facebook dan Apple juga turun lebih dari 4 persen masing-masing. Saham-saham ini adalah pemain terbaik untuk tahun ini dan untuk sebagian besar pasar bull. Untuk sektor teknologi secara keseluruhan di S & P 500, itu adalah hari terburuk dalam tujuh tahun, turun 4,8 persen.

Kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga yang tajam juga menekan ekuitas. Imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun diperdagangkan sekitar 3,23 persen sehari setelah mencapai level tertinggi sejak 2011. Sementara itu imbal hasil dua tahun mencapai nilai tertinggi sejak 2008. Kenaikan cepat dalam hasil telah mengirim kekhawatiran melalui Wall Street bahwa biaya pinjaman yang lebih tinggi akan memperlambat perekonomian.

Harga naik pada hari Rabu setelah pemerintah AS merilis data yang menunjukkan rebound harga produsen bulan lalu. Indeks harga produsen naik 0,2 persen pada September dan naik 2,8 persen pada basis tahun-ke tahun. Indeks adalah metrik inflasi yang banyak diikuti.

Kenaikan harga baru-baru ini terjadi menjelang awal musim penghasilan terbaru. Bank seperti Citigroup dan Wells Fargo dijadwalkan untuk melaporkan akhir pekan ini. Secara keseluruhan, analis yang disurvei oleh FactSet mengharapkan laba kuartal ketiga telah meningkat sebesar 19 persen pada basis tahun ke tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati data inflasi AS bulan September yang akan dirilis nanti malam, yang jika naik akan mendukung kenaikan bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here