Harga Emas Naik Tipis Seiring Retreat Dolar AS; Bagaimana Prospek Hari Ini?

744

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik tipis pada hari Rabu karena beberapa investor mencari perlindungan setelah dolar melemah dan saham global jatuh di belakang kenaikan imbal hasil obligasi.

Harga emas spot LLG naik 0,1 persen lebih tinggi menjadi $ 1,189.73 per ons.

Harga emas berjangka AS naik 0,1 persen pada $ 1,192.90 per ons.

Saham dunia turun lebih dari 1 persen ke posisi terendah tiga bulan, sementara indeks dolar AS mundur dari puncak tertinggi tujuh minggu di sesi sebelumnya.

Namun Emas telah jatuh lebih dari 13 persen sejak mencapai puncaknya pada bulan April, dengan investor semakin memilih untuk keamanan dolar AS ketika perang perdagangan AS-China terjadi dengan latar belakang kenaikan suku bunga AS.

Kenaikan imbal hasil obligasi juga telah mengurangi daya tarik emas, yang tidak membayar bunga. Hasil Treasury yang lebih tinggi dapat diterjemahkan ke lebih banyak permintaan untuk dolar, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Hasil Treasury AS menguat, mendekati level tertinggi beberapa tahun setelah data pemerintah menunjukkan indeks harga produsen AS (PPI) naik pada bulan September, yang memperkuat ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga pada kecepatan yang lebih cepat.

Pertumbuhan ekonomi AS yang kuat, normalisasi kebijakan moneter bersama oleh Federal Reserve AS dan dolar yang kuat akan membatasi daya tarik memegang emas sebagai investasi.

The Fed menaikkan suku bunga bulan lalu untuk ketiga kalinya tahun ini dan secara luas diperkirakan akan menaikkan lagi pada bulan Desember, tanpa ada saran kebijakan pengetatannya akan berhenti dalam waktu dekat.

Analis mengatakan, kenaikan dapat dibatasi oleh berkurangnya permintaan karena depresiasi mata uang domestik di negara-negara konsumen utama emas seperti India.

Perak Spot turun 0,4 persen menjadi $ 14,31, paladium naik 0,5 persen pada $ 1,074.80 dan platinum naik 0,1 persen menjadi $ 824,60 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan bergerak naik jika pelemahan dolar AS berlanjut. Juga akan mencermati data inflasi AS bulan September naik akan mendukung kenaikan dolar AS dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here