Arab Saudi Tidak Berminat Gunakan Minyak Sebagai Alat Politik Terkait Kasus Khashoggi

834

(Vibiznews – Economy & Business) Pasar perdagangan global, khususnya pasar komoditas minyak terpengaruh oleh satu sentimen ketegangan Arab Saudi dengan negara Barat terkait terbunuhnya wartawan kritikus terhadap pemimpin Arab Saudi. Negara Barat menginginkan sanksi bagi Arab Saudi, namun Arab Saudi menyatakan akan membalas siapapun yang menekan mereka. Benarkah demikian?

Pemimpin OPEC Arab Saudi tidak ingin memaksakan embargo minyak seperti tahun 1973 pada konsumen Barat, demikian pernyataan menteri energi negara pada Senin (2/10), di tengah krisis mendalam atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Hal itu datang saat eksportir minyak utama dunia ini menghadapi tekanan internasional untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Khashoggi di konsulat Turki awal bulan ini.

Pada hari Jumat, Arab Saudi itu mengakui untuk pertama kalinya bahwa Khashoggi – seorang kritikus terkemuka dari para pemimpin Saudi dan mantan wartawan Washington Post – telah terbunuh. Pernyataan itu muncul setelah Riyadh awalnya mengatakan dia telah meninggalkan gedung itu tanpa cedera pada 2 Oktober.

Otoritas Turki mengklaim Khashoggi dibunuh oleh tim agen Arab Saudi di dalam konsulat dan mengatakan mereka memiliki bukti untuk membuktikannya.

Pangeran Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, membantah terlibat.

“Tidak ada niat,” kata Khalid al-Falih kepada kantor berita Rusia TASS ketika ditanya apakah mungkin ada pengulangan embargo minyak seperti 1973.

Embargo minyak 1973 mengacu pada langkah luar biasa oleh anggota OPEC Arab untuk mencengkeram pasar minyak. Itu diberlakukan pada negara-negara yang mendukung Israel selama perang Yom Kippur tahun itu antara Israel dan beberapa negara Arab. Akibatnya, AS tertinggal dengan kekurangan minyak mentah dan harga minyak meningkat empat kali lipat.

Anggota parlemen tingkat tinggi AS meningkatkan tekanan di Arab Saudi selama akhir pekan, menuduh putra mahkota mempropagandakan pembunuhan Khashoggi. Namun, pemerintahan Presiden Donald Trump telah mengadopsi sikap yang lebih hati-hati.

Beberapa anggota parlemen AS bahkan mengusulkan hukuman Arab Saudi dengan sanksi ekonomi, sementara Riyadh berjanji akan membalas sanksi apa pun dengan “tindakan lebih besar”.

“Insiden ini akan berlalu. Tapi Arab Saudi adalah negara yang sangat bertanggung jawab, selama beberapa dekade kami menggunakan kebijakan minyak kami sebagai alat ekonomi yang bertanggung jawab dan mengisolasinya dari politik,” kata al-Falih seperti dilansir CNBC.

“Peran saya sebagai menteri energi adalah untuk melaksanakan peran konstruktif dan bertanggung jawab pemerintah saya dan menstabilkan pasar energi dunia yang sesuai, memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi global.”

Menteri Energi Arab Saudi juga memperingatkan bahwa jika harga minyak naik, kemungkinan besar akan memicu resesi global. Tetapi ditambahkan dengan prospek sanksi AS terhadap Iran mulai berlaku awal bulan depan, tidak ada jaminan harga minyak tetap di bawah tiga digit.

“Saya tidak dapat memberikan jaminan, karena saya tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada pemasok lain,” kata al-Falih, ketika ditanya apakah dunia dapat menghindari minyak mentah berjangka melompat di atas $ 100 per barel lagi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here