Rupiah Selasa Melemah ke Rp15.230/USD; Dollar Asia Tertahan di Sekitar 2 Bulan Tertinggi

668

(Vibiznews – Forex) – Dalam pergerakan pasar uang awal pekan Selasa siang ini (30/10), nilai tukar rupiah terpantau melemah lagi, sementara dollar AS agak tertahan di pasar Asia setelah menanjak di sesi keuangan global sebelumnya di sekitar level dua bulan tertingginya. Rupiah terhadap dollar AS siang ini melemah ke level Rp 15.230 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 15.200.

Analis Vibiznews melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar dibuka melemah di Rp 15.215, kemudian bergerak melemah sampai ke Rp15.240, dan terakhir menjelang siang ini WIB terlihat di posisi Rp 15.230. Melemahnya rupiah terjadi sejalan dengan dollar di pasar uang Asia yang bertengger di sekitar dua bulan tertingginya dengan sedikit tertahan oleh naiknya permintaan safe haven dollar.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang hari WIB ini terkoreksi tipis ke level 96,65 dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 96,68.

Sementara itu, IHSG hari Selasa siang ini, di sesi pertama, agak flat dengan naik tipis 0,01% atau 0,728 poin ke level 5.755,084, sedangkan bursa saham kawasan Asia siang ini diperdagangkan mixed dengan bursa kawasan China di zona negative.

Dollar AS terhadap rupiah siang ini terlihat menguat sementara dollar di pasar Asia juga mengalami sedikit terkoreksi setelah menanjak sebagai aset safe haven yang meningkat karena gejolak di China. Kisaran rupiah minggu ini masih pada kisaran sempit selama 3 minggu terakhir pada Rp15140 – Rp15265 terhadap dollar AS.

 

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here