Sudah 2 Hari Berturut Harga Minyak Dunia Terpukul

523

(Vibiznews – Commodity) –  Perdagangan minyak mentah  pada perdagangan komoditas sesi Asia hari Jumat (23/11)  masih tetap lemah dengan harga yang turun dibawah kisaran $53 untuk WTI. Sentimen negatif  tertekan oleh kekhawatiran bahwa produsen mengaduk-aduk lebih banyak minyak daripada kebutuhan dunia di tengah prospek ekonomi yang suram.

Pasokan minyak telah melonjak tahun ini, dengan tiga produsen teratas Amerika Serikat, Rusia dan Arab Saudi memompa lebih dari sepertiga dari konsumsi global, yang mencapai sekitar 100 juta barel per hari (bpd). Produksi tinggi datang karena prospek permintaan melemah di belakang perlambatan ekonomi global.

Terpantau di pasar komoditas sesi Asia akhir pekan,   harga minyak mentah berjangka jenis Brent yang merupakan harga patokan minyak dunia naik 1,10 persen menjadi $ 61,96 per barel  sementara itu  harga minyak mentah berjangka AS atau WTI alami kenaikan 1,04 persen pada $ 53,29.

Harga minyak telah jatuh sekitar 30 persen sejak puncak terakhir mereka pada awal Oktober, karena produksi global mulai melebihi konsumsi pada kuartal keempat tahun ini, mengakhiri periode kekurangan pasokan yang dimulai pada kuartal pertama 2017.

Untuk perdagangan selanjutnya, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik  oleh proyeksi pelemahan dolar AS yang terus belanjut.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here