Bursa Wall Street Melonjak Terbantu Saham Teknologi dan GM

744

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS melonjak pada Senin terdukung rebound saham teknologi dan kenaikan saham General Motors.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 354,29 poin menjadi 24.640,24, membukukan kenaikan terbesar sejak 7 November.

Indeks S & P 500 naik 1,55 persen untuk mengakhiri hari di 2.673,45.

Indeks Nasdaq naik lebih dari 2 persen menjadi ditutup pada 7.081,85.

Saham Facebook, Amazon, Apple, Netflix, dan Google-parent Alphabet semuanya naik setidaknya 1 persen. Saham-saham ini turun lebih dari 3,6 persen pekan lalu.

Langkah Senin datang setelah saham mengalami minggu Thanksgiving terburuk sejak 2011 pekan lalu sebagai aksi jual di saham teknologi dan harga minyak menempatkan pedagang ke mode risk-off. Pada hari Jumat saja, harga minyak AS jatuh sekitar 8 persen.

Facebook turun pekan lalu di tengah-tengah reaksi lebih lanjut untuk bagaimana perusahaan menangani penggunaan platformnya oleh operasi Rusia untuk mencoba mempengaruhi pemilihan presiden AS. Apple jatuh minggu lalu karena para investor khawatir penjualan iPhone perusahaan akan melambat.

Harga minyak melonjak pada hari Senin, dengan minyak mentah West Texas Intermediate AS menetap 2,4 persen lebih tinggi pada $ 51,63. Investor telah terguncang oleh kekhawatiran kelebihan pasokan dan memudarnya permintaan di pasar.

General Motors naik 4 persen setelah mengungkapkan rencana untuk memangkas produksi di beberapa pabrik dan mengurangi tenaga kerja yang digaji 15 persen, rencana pemotongan biaya yang lebih drastis dari yang diperkirakan investor.

Pengecer naik secara luas karena penjualan online Black Friday mencapai rekor $ 6,22 miliar, menurut Adobe Analytics. Rekor penjualan juga menandai lonjakan 23,6 persen dalam penjualan online Black Friday dari tahun lalu. SPDR S & P Retail ETF (XRT) naik 2 persen, dipimpin oleh keuntungan di GameStop, Amazon dan L Brands.

Investor juga melihat ke depan untuk pidato dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell akhir pekan ini. Powell dijadwalkan berbicara di New York Economic Club pada hari Rabu. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember setelah pengetatan kebijakan tiga kali awal tahun ini. Untuk tahun depan, Fed mengharapkan kenaikan suku bunga tiga kali.

Politik akan menjadi fokus area lain bagi investor minggu ini, dengan KTT G-20 di Argentina dan Brexit mendominasi berita utama. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping, pada saat ketegangan perdagangan yang intens antara kedua negara. Sementara itu, Inggris telah mendapatkan dukungan dari Uni Eropa pada kesepakatannya untuk menarik diri dari blok 27-anggota yang akan segera dilaksanakan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan berikutnya bursa Wall Street akan mencermati perkembangan perang dagang AS dan China, yang jika menuju harapan positif akan menguatkan bursa Wall Street dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here