Sudah 4 Hari Harga Gula Naik Terus, Termahal dalam 1 Bulan

729

(Vibiznews – Commodity) – Kenaikan harga gula berjangka di bursa komoditas berjangka terus rally masuki hari keempat  di bursa ICE  New York dan ICE London pada perdagangan hari Rabu  yang berakhir hari Kamis (10/01). Tingginya harga gula hingga mencapai posisi termahal dalam 1 bulan oleh sentimen kenaikan harga minyak mentah dan mata uang Real Brasil.

Harga minyak mentah naik ke level tertinggi baru 3-minggu pada perdagangan hari Rabu, yang menguntungkan harga etanol dan dapat mendorong produsen gula Brasil untuk mengalihkan lebih banyak penghancuran tebu menjadi produksi etanol daripada gula, sehingga mengurangi pasokan gula. Demikian juga, mata uang Real Brasil naik ke tertinggi 2-1/4 bulan terhadap dolar pada   yang menghambat ekspor oleh produsen gula Brasil.

Sentimen positif lainnya yaitu laporan Somar Meteorologia memperkirakan suhu di atas 90 derajat dengan peluang terbatas untuk hujan minggu ini di daerah penghasil gula Brasil, yang dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil tebu. Gula masih memiliki dukungan kuat dari data terbaru dari Unica (21 Des) yang menunjukkan bahwa produksi gula 2018/19 Brazil Center-South hingga pertengahan Desember adalah -26,7% y/y pada 26,18 MMT.

Harga gula mentah akhir perdagangan bursa New York ditutup naik  0.11 atau  0.86% pada harga $ 12,87  per lb untuk kontrak berjangka Maret 2019. Demikian juga dengan harga gula putih kontrak Maret di bursa London ditutup naik 2.30 atau 0.67% pada harga $347.70.

Gula memliki potensi bearish oleh data Brasil mengimpor 172 juta liter etanol dari AS pada Desember, naik + 104% y / y dan terbesar selama Desember dalam 7 tahun, yang negatif karena harga etanol dapat mendorong produsen gula Brasil untuk mengalihkan lebih banyak tebu menghancurkan produksi gula, sehingga meningkatkan pasokan gula global.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti, analis Vibiz Research Center memperkirakan secara teknikal harga gula  berpotensi retreat oleh  profit taking pasar dan juga retreat harga minyak mentah.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here