Beli Kakao ICE di London Bangkit Dari Harga Terendah 4 Pekan

498

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York  hari Rabu yang berakhir hari Kamis (17/01) rebound dari 3 hari berturut cetak kerugian. Demikian juga harga kakao di bursa berjangka London bangkit dari posisi  terendah 4 minggu.

Harga kakao bergerak lebih tinggi  di tengah tanda-tanda permintaan yang lebih kuat setelah Asosiasi Kakao Eropa melaporkan bahwa penggiling kakao Eropa Q4 naik  1,6% y/y menjadi 359.103 MT, meskipun itu di bawah ekspektasi untuk kenaikan  2,0% y/y.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Maret di ICE New York  naik  48  atau 2.11 persen  pada posisi $2.322 per ton. Untuk harga kakao di bursa London naik  21  atau 1.26% berada pada posisi  1,687 pound per ton.

Perdagangan sebelumnya harga kakao New York turun ke level terendah 3-minggu pada  dan kakao London  jatuh ke level terendah 4-minggu pada tanda-tanda produksi kakao yang kuat di Afrika Barat. Data hari Senin dari Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, menunjukkan bahwa petani Pantai Gading mengirim 1,19 MMT kakao ke pelabuhan selama 1 Oktober-13 Januari, naik  12,2% dari waktu yang sama tahun lalu. Juga, data dari Ghana, produsen kakao terbesar kedua di dunia, menunjukkan hasil yang kuat setelah Dewan Kakao Ghana melaporkan bahwa pembelian kakao dari petani kakao Ghana naik + 4,7% y/y menjadi 455.663 MT selama dua belas minggu pertama panen dari Oktober 5-Des 28.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka  yang diperdagangkan di bursa New York akhir sesi pada esok hari  diperkirakan naik kembali oleh proyeksi pelemahan dolar AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here