Harga Kakao Dunia Anjlok Parah, di ICE New York Terendah 1 Bulan

710

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York  hari Selasa yang berakhir hari Rabu (23/01)  dijual  pada harga terendah 1 bulan dan untuk harga kakao berjangka di ICE London turun ke posisi terendah 5 minggu. Sentimen yang melemahkan harga kakao dunia awal pekan ini yaitu kondisi cuaca yang menguntungkan di Afrika Barat positif untuk tanaman kakao  di Pantai Gading dan Ghana, kakao terbesar di dunia produsen.

Sentimen pasokan global yang meningkat juga memicu lemahnya harga komoditas pembuat cokelat tersebut, yang didapat dari laporan produsen kakao terbesar di dunia -Pantai Gading  menunjukkan bahwa petani  mengirim 1.235 MMT kakao ke pelabuhan selama 1 Oktober-20 Januari atau naik  9,6% dari waktu yang sama tahun lalu.

Demikian juga data terbaru dari Ghana, produsen kakao terbesar kedua di dunia menunjukkan  pembelian kakao dari petani kakao Ghana naik  4,7% y/y menjadi 455.663 MT selama dua belas minggu pertama panen sejak 5 Oktober -Des 28.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Maret di ICE New York  turun  61  atau 2.64 persen  pada posisi $2.246 per ton. Untuk harga kakao di bursa London turun  35  atau 2.10% berada pada posisi  1,633 pound per ton.

Harga kakao masih defensif karena tanda-tanda permintaan hangat setelah National Confectioners Association melaporkan Jumat lalu bahwa pemrosesan kakao Q4 Amerika Utara naik  1,2% menjadi 117.526 MT, lebih lemah dari ekspektasi   2,5%. Kemudian Asosiasi Kakao Eropa melaporkan pada hari Rabu pekan lalu bahwa penggilingan kakao Eropa Q4 naik  1,6% y/y menjadi 359.103 MT, di bawah ekspektasi + 2,0% y/y.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka  yang diperdagangkan di bursa New York akhir sesi pada esok hari  diperkirakan rebound oleh proyeksi pelemahan dolar AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here